Ah akhirnya… saatnya renovasi tiba juga… Bahan2 uda siap… tukangnya juga uda mulai dateng hari ini… semoga setelah ini… si rayap dudul ga muncul lagi di rumah gue.

***

Kita pake tukang yang direkomendasiin oleh temennya David. Si mas uda “megang” rumah temen David itu bertahun2… plus juga “megang” rumah temennya temen David dari jaman si temen itu masih kecil katanya. Bagus lah… semoga keluarga gue juga sreg sama si mas ini. Nyari tukang yang sreg emang susah soalnya…

Estimasi si mas… kerjanya selesai dalam 7 – 10 Hari. Jam 8 pagi si mas n 1 orang temennya uda dateng… barang2 di lantai 1 disingkirin dulu ke dapur… n sebagian ke teras. Untung… teras gue uda dikasih canopy. Paling ga… aman lah kalo hujan.
Rencananya… si mas akan kerjain plafon depan dulu… kalo uda kelar… atau paling ga tinggal dicat… baru kerjain dapur. Alesannya… supaya ga terlalu berantakanlah nih rumah.

Point plus buat si mas… dia mindahin barang2 gue dengan hati2… n semua serba diangkat. Sama sekali ga diseret2… “Nanti merusak granit…“, katanya. Wuiihhh bagus lah… Belum pernah gue ketemu tukang yang model gini. Emang sih salah satu rekomendasinya ya si mas ini kerjanya rapi… n jujur tentu aja.

Barang2 dipindahin juga ga asal mindahin aja. Semua disusun rapi… sehingga gue masih bisa ke dapur… masih bisa ke tempat cuci piring… masih bisa buka kulkas… masih bisa masak malah kalo mau hahaha…
Setelah barang2 dipindahin… semua barang2 itu ditutupin plastik2. Lantai2 depan juga ditutupin plastik semua. Eh iya… bukan cuma barang2 gede aja yang pindahin. Barang2 yang nempel di dinding juga dicopotin satu2… lukisan… jam… gordyn… kipas angin yang nempel di plafon… n lampu2. Semuanya dikumpulin dalam dus.

Wokeh… ruang depan uda aman sekarang… uda siap buat proses eksekusi. Maka mulailah si mas naik tangga… n bongkar gypsum. Satu2 gypsum dirobekin… n dikumpulin di 1 tempat. Sejauh ini… semua rapi… paling ga… ga seberantakan yang gue bayangin. Sambil nyopotin gypsum… si mas juga sambil neliti kayu2 gue. OMG… bener dah tuh kayu2 pada rapuh dimakan rayap. Emang belum semua sih… cuma yang dipinggir2 uda. Mana kayunya ternyata ga semua kayu baru lagi. Yang bangun ngibul tuh pasti!

Gypsum kelar dirobekin satu2… ditumpuk di depan… selanjutnya… ngerontokin kayu2. Si mas ngerontokin kayu pake besi… diketok2. Kayu yang uda rontok… dibawa keluar. Di semprotin obat anti rayap *lupa namanya* n dijadiin kaso 2. Sementara kayu yang uda rusak total… dibuang… tapi sebelumnya… paku2 yang nempel dikayu, diketok2 dulu sampe bengkok sehingga ga ngelukain orang yang megang tuh kayu.

Progress hari ini sampe di situ aja. Jam 5 si mas n rekan pulang. Sebelum pulang… ga lupa lantai dalem yang berantakan diberesin dulu. Sisa2 puing ditumpuk rapi di luar. Kotor2 di sapu dulu… n plastik yang tadi dipakai buat nutupin lantai dilipet dulu. Kesan di hari pertama ini sih, okelah kerjaannya. Cukup rapi… n telaten. Duhhh… baru hari pertama yak… semoga cepet kelar dah.

***

Jam 7 malem kita kondangan ke Gedung Bulog di Gatot Subroto sono. Enak nih kali ini kondangannya. Gue dateng telat padahal. Jam 8 kurang baru sampe. Tau kan… di Jakarta ini… kalo kondangan telat mah… jangan harap bisa makan pondokan (food stall) kan? Nah tadi tuh… pondokannya masih banyak aja… n ga pake ngantri2 loh ngambilnya. Hmmm… just wondering… apa gara2 yang merit pake adat beda ya… Maksud gue… ga kek pesta2 merit biasanya… tunggu sampe tamu pada dateng… prosesi pengantin masuk… prosesi suap2an kue… kadang2 toast… kadang2 kata sambutan… kadang2 doa makan… baru tamu2 dipersilahkan makan.

Nah tadi itu keknya ga pake acara gitu2an. Lah kue pengantinnya aja ga ada. Si pengantin tetap berdiri di pelaminan… tapi ga ada acara macem2. Setiap tamu yang dateng… dipersilahkan langsung salaman… n langsung menikmati hidangan. Hasilnya… ya ga ada berebutan pondokan seperti biasa hahahahahahahahaha… Bener loh… gue biasa2nya kalo ke pesta kawinan gitu… kalo pas lagi prosesi awal2 gitu… gue uda ngider ngincer pondokan mana yang mau gue makan hahaha… terus gue berdiri deket2 situ. Nah begitu dipersilahkan makan… gue jadi orang pertama yang ngambil piring hahahahaha… :p

Tapi tadi tuh…………….. wuiihhh puas banget. Baru dateng… salaman sama penyambut di depan… langsung menuju ke jajaran food stall. Pertama… tulisannya “soto bantji”. Ternyata itu soto tetelan daging + kelapa + lontong. Ennnnaaaaakkkkk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Lanjut… “siomay”. Sama… ga pake ngantri… rasanya standard. Lanjut… “nasi begana”. Tetep ga pake ngantri… ennnnnaaaaakkkkk!!!!!!!!!!!!!!!! Lanjut… menu tengah… nasi goreng. Juga ga pake ngantri… rasanya standard. Es puter… standard. Overall… mantep.

Pulang ke rumah uda jam 10 malem… huuuuu capek sekali hari ini. Lagi asyik2nya nyantai sambil chatting… ehhhhhh bel bunyi. Ternyata yang dateng… tukang anter lemari pesenan aiiiiyyyaaaa… kok ga pake confirm dulu seh… mana rumah gue lagi berantakan lagi. Heiiirrraaaannn dah!
Tapi mau gimana… kasihan juga mereka uda jauh2 nganter lemari… masa disuruh pulang lagi. Ya uda diterima dah lemarinya. Huuu… tambah repot deh…