Huuu… hari yang menyebalkan. Lagi2 berhadapan dengan customer dum dum.

Customer 1… Pak H*****t (HT). Ga jelas jabatannya apa… sepertinya bagian keuangan… di salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang pakan ayam di Tangerang sana.
Uda seminggu lebih gue berusaha menghubungi dia untuk konfirmasi tagihan… cuma nih orang selalu ga ada. Akhirnya hari ini gue SMS dia… ngasih tau kalo gue mau kirim tagihan… plus gue minta di telepon di kantor secara gue susah banget ngubungin dia.

Dia bales SMS gue, “Mau nanya2 apa? Nomor rekening saya ya?

Bbbbbaaaaaahhhhh…

N sore ini akhirnya dia telepon gue…

Hai Dessy… ada apa?

Saya mau nanya tagihan nih… ada transferan x rupiah, apa betul dari bapak?

Ah kamu tiap telepon saya pasti nanya tagihan! Kirain mau ngasih parcel apa THR gitu!

Gue pura2 ga denger… “Pak HT, bisa tolong dicek ga? Uda lama nih… sekalian ada tagihan baru, mau saya kirim.

Ye………. eh say say *gue empet dipanggil say2 sama dia*, tanyain dong… saya dapet parcel atau THR ga gitu?

Pak HT. Biasa yang ngurusin finance siapa sih? Saya telepon ke bapak ga ada terus!” masih pura2 ga denger.

Ya saya yang ngurusin. Ada sih kasir, sama Bu T***n (TN). Tapi selalu dilempar ke saya lagi! Eh say… tolong dong tanyain!

Oh iya Bu TN emang pernah nelepon kemari. Besok2 gue telepon ke bu TN aja dah. Empet sama lu!

Kamu pelit amat sih. Telepon dong ke HP saya! Pelit amat sih kamu!” *ngegerutu*

Hmmm ya uda Pak. Tolong nanti tagihan saya diproses ya. Sekalian ditanyain yang tadi saya tanya!

Eh… say… tanyain dong jatah saya!

Hmm… tanya ke bos deh! Itu bukan kerjaan saya soalnya.

Lah, bosnya kan kamu? Katanya kamu masih saudara kan sama bos di sana? Jangan2 yang punya tuh perusahaan papa kamu ya?

Kalo iya kenapa? Ga kok. Salah info tuh!!! Dah ya…

Say, tolong di tanyain dong. Kenapa sih selalu kalo telepon ke saya, selalu ngomongin tagihan. Sekali2 ngasih kek!

Pak HT… saya ngomongin tagihan karena perusahaan bapak manggil tehnisi saya untuk kerja di sana. Kalo ga ada panggilan juga saya ga bakal nagih!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Huh… tagihan juga ga seberapa… belagu banget lu! Kalaupun gue mau kasih bonus… itu juga pasti gue kasih ke orang yang menggoalkan order! Bukannya elu! Elu tuh cuma KARYAWAN yang kebetulan ngurusin FINANCE. Emang untungnya apa gue ngasih bonus ke elu? Lu ga mau bayar kalo gue ga kasih bonus? Coba aja!!!!!!!!!! Gue ada alamat atasan lu, Pak Y***f yang rumahnya di Puri Indah. Berani ga bayar??? Gue laporin mampus lu!!!!!!!!!!!!!!

Iya iya! Tolong dong di upload ke bos situ. Kali2 ada jatah buat saya gitu!

AAAAAAAAAaaaaaaarrrrrrrrrrrrrggggggggggggggghhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

***

Customer 2… Pak I****g (IG). Sepertinya IT, di salah satu perusahaan forwarding di Sunter. Cuma si Pak IG ini nempatin cabang di Bandara di Cengkareng sono… Sebenernya ini bukan kerjaan gue… tapi karena yang biasa lagi sibuk… ya uda gue bantuin. Gue nelepon nih orang buat konfirmasi jumlah biaya tagihan atas panggilan tehnisi kemarin.

Pak IG, saya mau informasiin… biaya pekerjaannya X rupiah.

Mahal ya Des! Itu sudah termasuk biaya perbaikan PABX-nya belum?” kebetulan PABX dia emang rusak, n saat ini lagi diperbaiki di service centre PANASONIC.

“Belum Pak. Masih nunggu kabar dari service centre nih.

Waduuhh berarti lebih mahal dari sekarang dong?

Ya begitu lah.

Duuhhhh mahal amat. Ga ada discount-discount gitu untuk saya?

Oh ga pak. Semua sama aja kok.

Ya… ada lah Des! Pulsa-pusa gitu gimana?

Pulsa?

Ya… pulsa lah 100 untuk saya! Oke? Saya tunggu ya? Tolonglah tanyain ke bosnya!

Ga bisa pak!

Tanyalah dulu, ya ya ya?

GGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGgggggggggggggggrrrrrrrrrrrrr… Nih orang lebih PD ga kira2. Gue tuh ga ada urusan ke dia. Gue nagihpun ga ke dia sebenernya. Tagihan selalu ke pusat di Sunter sana dengan ibu Y*****i. Dia tuh cuma sekedar diinformasiin aja biar tau. Ehhhh ga tau diri orangnya!!! Hhhhuuuu… Apa perlu dilaporin ke ibu L**a, si bos dia?

***

Lama kerja di divisi accountant sebenernya gue uda biasa nemuin kasus2 kek gini. Nemuin orang2 ga tau diri minta jatah ‘preman’ padahal tuh orang ga ada kontribusinya sama sekali buat gue. Contohnya si HT sama IG itu. Emang kalo gue ga ngasih2 bonus, emang mereka bisa apa? Berani ga bayar atau mempersulit proses penagihan? COBA AJA! Ga mikir apa suatu saat gue bisa aja lapor ke bos2 mereka tentang kelakuan mereka? Annneeehhh!!!