Sejak pindah ke apartment tahun 2004 akhir kemarin… gue uda ga pusing lagi urusan pembantu. Yup… gimana mau pusing? Rumah yang cuma sepentil gitu… ga perlulah campur tangan seorang pembantu. Sementara di kantor… ya pakai pembantu pulang hari aja. Kebetulan dapet pembantu yang lumayan bagus n bisa dipercaya.

Nah masalah pembantu ini baru mulai muncul sejak kepindahan gue ke rumah baru nih. Emang sih kalo dipikir2… tinggal cuma berempat… dewasa semua. Masing2 bisa urus diri sendiri2… makan pakai catering… cuci + setrika baju pakai bibi cuci gosok. Apa lagi yang kurang? Paling cuma sapu + pel, ngelap2, sikat kamar mandi, n cuci2 piring. Kerjaan segitu dibagi 4, masih bisa ke handle lah.
C U M A… dasar manusia ga ada puasnya. Waktu tinggal di apartment, ngeluh2 capek pulang pergi kantor. Begitu tinggal di rumah baru sekarang… dimana jarak kantor – rumah gue cuma 0 MENIT pakai motor… 3 MENIT jalan kaki… ehhhh tetep aja masih ngeluh. Capek… pulang kerja capek2 musti jadi Oshin lagi… males naik turun tangga kalau ada orang yang dateng secara kamar gue di lantai 2. Males cuci2 piring sendiri… males gotong cucian dari dan ke kantor *soalnya cucinya di kantor. Kalo cuci di rumah kan si bibi ga ada yang jagain. Pada kerja semua.* maleeeeezzz mallllleeeeeezzzzzzzzz mallllllllllllllllllleeeeeeeeeeeeezzzzzzzzzzzzzzzzzz… hahahahaha…

Ya uda lah… akhirnya kita sepakat mau pakai pembantu dalem aja… sementara bibi cuci gosok tetep dipake karena sekalian dia bersihin kantor juga.

Beberapa hari yang lalu, ada makelar langganan ibu2 kompleks sini… tanyain pembantu ke gue. Kebetulan emang gue lagi butuh… n istri paman gue juga bilang nih makelar bener… ya uda lah booking 1 pembantu ke dia. Dia emang ada tanya sih mau yang pengalaman apa yang ga. N karena gue pernah punya pengalaman buruk dengan pembantu berpengalaman, kemarin itu gue bilang, “Ga usah yang pengalaman aja. Yang penting mau kerja!

Hari ini… dianter lah 1 orang pembantu ke gue. Kesan pertama gue ngelihat nih pembantu emang agak2 ga sreg. Kenapa? Aduh itu badan si pembantu kecil banget. Gila… gue rasa ga ada 40 Kg kali tuh timbangannya. Mana umurnya baru 15 Tahun lagi. Hmmm… gue sih curiga dia nyatut umur. Paling2 baru 12 Tahun tuh. Tapi berhubung nih anak bilang dia mau kerja n si makelar jamin nih anak bisa kerja, ya uda lah oke. Interview sebentar… ngasih tau kerjaan dia apa aja… then BUNGKUS!!!!!!!!!!! Maksudnya bawa tuh anak pulang… n bayar ongkos ke makelar Rp. 300,000.-

Sepulang si makelar, nih pembantu gue trainning kerjaan2 apa aja yang musti dia kerjain sehari2. N gue sempet suruh dia nyapu, ngepel, ngelap, n nyikat kamar mandi juga. Kerjaan dia sih boleh dibilang lumayan lah. Untuk anak seukuran dia, berat badan ga nyampe 40 Kg, tinggi badan ga sampe 150 Cm, kayaknya boleh dibilang cukup cekatan. Eh tau2… lagi asyik2 ngajarin, dia ngajuin 1 pertanyaan *atau pernyataan?* ke gue.

Bu, ibu muslim bukan?

Bukan. Kenapa?

Ibu makan babi?

Iya!

Saya ga mau, Bu!

Ya iyalah… siapa juga yang mau ngasih kamu makan babi?

Tapi kan nanti saya cuci piring. Piring2 bekas babi itu saya juga ga mau pegang, Bu! Haram! Kalo saya sampe megang, saya musti ber-*lupa. Pokoknya seperti istilah2 di agama islam lah*. Saya harus cuci tangan saya dengan tanah, baca doa, bla bla bla…

DEG… kaget gue! Dulu waktu gue masih kecil, gue inget gue pernah dapet pembantu yang model dia juga. Waktu itu gue dapet kiriman mie ulang tahun dari tetangga yang anaknya ultah. Mie itu ada daging babinya. Eh begitu dikasih… tuh mie dan piring2nya langsung dibuang! LANGSUNG DIBUANG!!!!!!!!!! Tapi itu kan jaman baheula banget… gue pikir pembantu2 sekarang uda lebih modern. Gue ga nyangka hari ini gue kedatengan makhluk gunung model gini *dia cerita kalo kampung dia di gunung di Jawa Barat*.

Akhirnya gue mutusin untuk pulangin tuh pembantu. Tambah ga sreg. Tapi begitu gue telepon ke makelarnya, katanya gue baru dapet gantinya 3 Hari lagi… n untuk sementara tuh anak dititip ke gue dulu. Ya udalah. Gue juga kasihan sama nih bocah. Akhirnya gue suruh dia istirahat dulu, n gue mau balik ke kantor. Eh dia ngomong lagi, “Bu, saya jangan ditinggal sendirian, Bu! Saya takut! Saya ikut aja ke kantor!

Haaaaaaaaaaaaahhhhhhh????????????????? Naik darah turun t*kai dah… Dalem hati gue uda ngedumel. LU GUE GAJI BUAT BERESIN URUSAN RUMAH, JAGA RUMAH KALO KITA PADA KERJA. EH KOK LU MALAH NGEREPOTIN GUE? Huuuu… Makin mantep aja dah hati gue buat mulangin dia.

Akhirnya dia gue ajak ke kantor. Di kantor dia duduk aja meringkuk di belakang. Gue suruh naik ke atas, dia ga mau. Katanya takut! Kasihan ngelihat dia kayak gitu… ya uda ga lama gue ajak dia balik lagi ke rumah. Di rumah gue suruh mandi, gue suruh makan, semuanya ditolak sama dia. Dia malah bilang, “Bu, saya digaji berapa?

Gue jawab: “Makelar kamu suruh saya gaji kamu *** Ribu. Kenapa?

Dia: “Gaji saya turunin aja deh, Bu. Jadi *** Ribu (diturunin 100 sama dia)… asal saya kerjanya berdua. Saya ga mau kerja sendiri, Bu! Saya takut!

Sampe detik ini gue ga tau tuh anak takut apa. Takut setan kah? Apa takut kalo gue suruh ke atas, dia takut gue tinggal pergi lagi? Hmmm… apa takut sama babi? Ga mau makan karena haram makan pake piring gue? Siapa tau tuh piring bekas dipake makan babi? Atau takut setan babi? =)) =))

Ga tahan… akhirnya gue telepon ke makelar dia. Suruh tuh anak dijemput malem ini juga. Niat gue nampung dia sementara uda bubar dah. Keburu kesel gue.

Malem… gue sama David cabut bentar ke apartment. Ada janji sama orang yang mau nyewa. Si pembantu katro ini gue titipin sama nyokap gue. N si makelar juga janji abis magrib nanti dia bakal dijemput. Ya uda. Semoga pas gue balik nanti… nih bocah uda ga ada di rumah gue.

Jam 8 gue balik, lah lah, kok nih anak masih ada aja di sini. Malah dia lagi nonton TV sambil tidur2an di lantai di ruang depan. Gue sempet tanya dia uda mandi n makan belum. Semuanya dijawab dengan gelengan kepala. Kata nyokap gue, dia disuruh makan sama minum aja ga mau. Katanya maunya minum air es. Jadi dikasih colla sama nyokap gue. Sedangkan mandi ke atas dia ga mau, “TAKUT”. David malah sempet negor. Tadi siang dia bilang kalo dia lulusan pesantren. David tanya, “Kamu sekolah pesantren. Kamu takut apa di rumah ini? Takut setan? Rumah ini uda diselametin tau!!!!!!!! Uda didoa2in… uda disyukurin!!!” Eh dia malah pasang tampang kek mau nangis gitu. Cah gendeng!!!!!!!!!!!!!

Gue langsung telepon lagi ke si makelar. Katanya mau dijemput abis magrib. Ini isya uda lewat…………. boro2 dijemput!!!!!!!!!! Eh yang angkat telepon bukan si makelar… tapi bapak si makelar. Huuu… kekesalan naik ke ubun2. Gue sempet ngomel2 jadinya. N gue mutusin untuk anterin tuh pembantu ke rumah si makelar. Disuruh jemput… ga dijemput2. Nih anak juga disuruh mandi… disuruh makan… boro2. Cuma geletakan aja di ruang tamu kayak gembel nyasar. Ya uda. Pertama gue n David naik motor… nyari rumah si makelar yang emang ga jauh2 amat dari rumah gue. Abis ketemu… kita pulang… n David baru anterin pembantu ke sana naik motor juga.

Pas uda mau gue suruh pulang, dia malah tanya gue, “Jadi saya kerjanya dimana, Bu?“.
MASA BODO AMAT LU MAU KERJA DIMANA! POKOKNYA LU GUE BALIKIN DULU KE MAKELAR!!!!!!!!!!!!!! Huuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!!! =))

Tadi sore juga sebenernya bibi cuci gosok gue dateng, ngebawain pembantu. Katanya dia anaknya tukang sampah yang biasa angkut2 sampah di rumah gue. 15 Tahun juga umurnya. Cuma uda gede. Badannya gedean dia sama gue hahahaha… Tapi gue masih mikir2 sih… pertama duit 300 Ribu masih di tangan makelar. Kedua… duhhhh emang sih berprasangka buruk itu ga bagus… tapi boleh dong kita mikirin hal2 sedetail mungkin. Kalo nih pembantu ga jujur… dia dengan mudahnya “mindahin” barang2 gue ke bapaknya. Wong tiap hari pasti bapaknya lewat. Duuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh………………………………