Tiba juga saatnya gua berkeluh kesah tentang jasa kurir nih hehehehe…

Pertama,,, JNE. Entah kenapa beberapa x blakangan ini kok JNE telmi banget yach… Waktu gua kirim barang dari Jakarta ke Buyer D di Daan Mogot… besoknya tuh barang ga pakai lama langsung sampai.
Ehhh… orderan kedua, gua kirim dari Bandung ke Buyer D… masa sampai berhari-hari ga sampai2. Report di web’nya “BAD ADDRES”. Adoooww… ini gua heran deh…
Kan sama2 JNE yach… walaupun yang 1 dari Bandung… tapi kan drop’nya ke JNE Jakarta juga, kok yang kedua lamaaaaa ga sampai2? hikz………………
Gua cek ke supplier apa salah cantumin alamat,,, BENER.
Gua cek apa si buyer salah kasih alamat,,, BENER.
Lucu lagi,,, menurut report sudah 2x re-deliverry, tapi ga sukses… lah kok ga mau telepon ke si buyer yach?
Bolak-balik gua telepon sini-sana………………….. ughhh…
Akhirnya setelah 1 minggu baru berhasil tuh barang diterima. Bayar REG kayak bayar OKE aza :((

Truz bukan kasus buyer D di Grogol aza… gua pernah juga ke Yogyakarta, dan sama………. BAD ADDRESS… padahal si buyer bilang dia sudah beberapa x terima paket dari JNE :((

Kalau buyernya pengertian siy gua ga terlalu deg-deg’an. Lah pernah gua dapet buyer yang agak gimana gitu… Nanti deh gua ceritain…

Well, kasus di atas cuma sekedar pembukaan… Ini nih berikutnya…

Kurir W*HANA.

Duluuuuuu, waktu masih pegang OS yang lama, gua pernah kirim barang pakai W*HANA,,, seinget gua lumayan cepet. Tapi dulu kurir yang pick-up paket siy pernah bilang, “W*HANA mah agak lama, Bu!”. Cuma gua ga terlalu perhatiin tuh kalimat dia…

Eh,,, kejadian juga…

Jadi dari tanggal 20 kemarin gua kirim paket ke Samarinda. Sebenernya yang pilih pakai W*hana ya si buyer sendiri siy. Maklum lah… ke Samarinda kalau pakai JNE / TIKI lumayan mahal……… n paketnya ini 4kg’an.
Sebenernya ada kurir yang murah di Pangeran Jayakarta sana, tapi mereka ga bisa pick-up. Paling2 cuma bisa nitip karyawan kantor gua ke sana… tapi yaaaaa semua harus disesuaikan sama kerjaan utama dia. Kebetulan dia lagi banyak kerjaan, jadi susah kalau gua titip2 lagi.

Akhirnya buyer pilih pakai W*hana aza.
Sehari – dua hari – tiga hari… status kiriman gua di trace tetep “PROSES”.

Kemarin, gua coba telepon ke W*hana Jakarta,,, katanya tanggal 24 sudah masuk ke Balikpapan tuh paket,,, tinggal dikirim ke Samarinda’nya.
Truz kenapa sampai tanggal 26 belum sampai, alesannya nomor telepon buyer gua ga aktif terus. Lah……………….. kok mereka ga inisiatif telepon / SMS gua sebagai si pengirim paket yach?

Truz gua diminta kasih nomor telepon yang lain,,, OKE gua sudah kasih. Gua kasih via Jakarta, yang dijanjiin mau di-email ke sana.

Hari ini, tanggal 27, gua telpon ke Jakarta,,, ehhhh mereka belum email ke Samarinda. Capedeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…………………………..
Gua tanya, berapa telepon Wahana di Samarinda, biar gua bisa minta buyer telepon langsung. Dikasih…
Tapi dicoba berkali2 tuh telepon masuk ke “MAILBOX TELKOM FLEXI”.
Hayaaaaaaaahhh… apa ga ada nomor telepon PSTN yach?

Karena buyer gua juga sudah menunggu2 tuh paket… gua email’lah ke samarinda@w*hana.com. Ehhhhhhhhhhhhh… ga dijawab!
Padahal orang Jakarta bilang, mereka cepet bales email.

“Truz Mbak, berapa nomor telepon mereka? Saya telpon selalu MAILBOX!”
“Iya, memang begitu, Bu. Kita berhubungan sama mereka pakai BB.”

Whattttttttttt?????? Kok ga profesional banget yach…………………………
Truz gua minta si mbak BB nomor HP’nya buyer gua yang baru, dan minta mereka segera telepon buyer.

“Iya Bu, saya BBM sekarang!”

Beberapa jam kemudian, karena email gua ga dibales, dan buyer juga ga ditelepon, gua telepon lagi ke Jakarta.

Dijawab, “Maaf Bu, kita belum email ke mereka.”

Halaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh…
Truz akhirnya gua dikasih nomor HP Kepala Operasional di Samarinda, Bp. Y. Gua langsung minta buyer telepon…
Beberapa x dicoba, GA DIANGKAT!
Terakhir katanya si buyer SMS. Tau deh,,, jangan2 ga dibaca juga!!!

Ini buyer gua juga sudah panik… secara itu barang pesenan juga… n ada yang sampai batalin order karena lama banget katanya.

Barusan akhirnya gua dapet kabar kalau si Pak Y itu sudah bales 1x SMS buyer. Tanya paketnya dari mana kemana… dikirim tanggal berapa.
Setelah itu di telpon lagi sama buyer, nada sibuk terus… doooooooohhhh…

Jadi kapok kirim2 pakai W*HANA.

===UPDATE===
Akhirnya buyer berhasil telepon Pak Y… menurut Pak Y, alamat buyer yang tercantum di label tidak lengkap.
Buru2 gua cek history Y!M gua ke stockist,,, gua kasih alamat yang sudah bener. Jadi yang kurang cantum alamat dari stockist ***kayaknya error Y!M, jadi terima msg gua kurang***
Wis lahh… masalah kelar,,, W*hana janji besok diantar ke buyer. Cuma teteuppp aza…………………. menghubungi mereka itu loh yang susahhhhhhhh :((
Dan mengingat mereka (Jakarta – Samarinda) kontak2an cuma via email / BB… gua jadi agak ragu2 kirim pakai jasa mereka lagi.