Love brought you together
As husband and wife…
And gave each of you
A best friend for life

* * *

“Tahun ini, pernikahan anggota keluarga kerajaan Inggris, telah diberitakan ke seluruh dunia. Pernikahan William & Kate -Chaterine-. Hari ini, dalam tahun yang sama, kita juga merayakan peneguhan pernikahan gerejawi  William & Chaterine, mereka berdua bukan anggota keluarga kerjaan Inggris, tapi lebih lagi… mereka berdua adalah anggota keluarga Kerajaan Allah”

Pasangan suami-istri selama lebih dari 30 tahun itu, tampak duduk anggun di mimbar sana. 2 Meter dari tempat mereka berdiri, seorang Pendeta sedang memberikan renungan firman seputar pernikahan. Sementara tidak kurang dari 80 orang para undangan, tampak serius mengikuti jalannya rangkaian acara demi acara prosesi peneguhan pernikahan gerejawi ini.

Setelah Pendeta menutup renungannya, pasangan suami-istri itu diminta berdiri. Pendeta mengangkat tinggi cincin putih yang terbuat dari bahan yang tidak akan pernah berkarat itu, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan kepada satu-satu di antara pasangan suami-istri itu.

Dan tiba saatnya pasangan suami-istri itu berlutut, sementara Pendeta meneguhkan pernikahan mereka.

* * *

Kira2 begitulah cuplikan proesesi peneguhan pernikahan gerejawi orang tua gua, yang dipimpin oleh Pendeta dari GKI Kanaan, gereja mama gua. Dulu juga gereja gua sih, tapi semenjak merit, gua pindah ke gereja David.

Kemarin, 9 -10 – 11 – 12 (jam 12 tepat)… prosesi peneguhan pernikahan gerejawi orang tua gua dilaksanakan. Memang ga salah ya orang bilang waktu itu kayak lari. Tau2 tiba juga saat ini😉 dan gua berharap tau2 tiba juga saat gua hamil ***curcol — Amin…***

Gua bangun jam 1/2 5… 1 jam lebih cepat dari alarm yang gua set… gara2 gua dengar suara berdesing… suara handicam David dicharge. Gua sampai kaget loh… gua kira itu suara desingan apaan.
Jadi lah gua bangun truz leha2 1 jam. Jam 1/2 6 baru bangun… mandi… ke pasar sebentar… dan bareng mama gua, berangkat ke salon Tracy di Puri Indah.

Yang pegang gua asistennya, yang pegang mama gua ownermya… tepatnya anak owner, namanya Sely, dan yang sanggul rambut mama, ownernya, namanya Ci Inge. Acara make-up + sanggul itu ternyata lama ya… jam 7 kita berdua ditangani, selesai2nya hampir jam 10. Hasilnya memang cukup memuaskan sih… saudara2 gua pada bilang bagus soalnya. Kalau biasa gua make-up di salon biasa di deket rumah gua, ga ada tuh yang puji2 hahahaha…

Rencana sebelumnya kan selesai jam 9 paling lama… berhubung molor… jadilah setelah itu kita gerebak-gerebek. Gaun sih sudah bawa dan kita pakai di sana. Nah… mama gua ini, setelah pakai gaun, dia langsung ngerasa kayak jadi robot katanya hahaha…

Duduk ga enak… berdiri mendingan… pakai sepatunya aza musti dibantuin soalnya ga bisa nunduk buat benerin tali2nya… dan mau ke toilet juga harus dibantu buka semua roknya😀. Tapi sudah lebih  mendingan sih ketimbang sebelum dia diet. Waktu belum diet, gaunnya ga muat. Kalau kemarin gua bilang muat… cuma memang ketat.

Jam 11 baru kita sampai di tempat acara. Cuma ada waktu 30 menit untuk pengecekan terakhir… untungnya pihak Nelayannya helpfull banget. Mereka ngasih saran2 yang cukup baik seperti… jeruk + kue ku yang dibawa keluarga, gimana kalau langsung ditaruh di masing2 meja… truz bantuin bukain botol wine… atur2 tamu… dll. Gelas2 wine juga langsung disiapkan padahal baru gua kasih tau pas datang tadi. Berhubung memang acara gua itu ga ada panitianya, makanya gua + David kerepotan dan banyak hal2 kecil yang terlupakan😀

Jam 12 pas, para undangan sudah hampir 100% kumpul. Tinggal 1 keluarga doang… dan prosesi peneguhan itu dimulai. Terharu juga siy ngelihat orang tua gua yang sudah nikah 30 tahun lebih, sekarang baru peneguhannya😀
Wajah mereka kelihatan bahagia sekali.

Setelah prosesi selesai, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari papa gua. Papa gua mengucapkan terima kasih kepada semua saudara dan teman yang dateng… atas dukungan terutama doa2nya. Truz si papa bilang kalau mama gua adalah guru spiritual dia… karena papa enal Kristen dari mama gua😀

Dan acara terakhir sebelum mulai makan adalah wedding toast. Waktu gua balik dari Singapore, gua sudah bawa 2 red-wine… truz kemarin itu pas si papa balik ke Jakarta, dia juga bawa 4 red-wine. Semuanya langsung dibuka dan dibagi2 ke para undangan. Gua coba seteguk doang… dan langsung ngerasa “teng” kayak sakit kepala hahahahahaha… Dasar norak ya gua…😀

Selesai sudah semua acara, terakhir, setelah para undangan memberi salam kepada mama dan papa gua, kita makan2 deh. Ada 10 menu yang dikeluarin cuma gua kurang inget apa aza. Biasa2nya memang gitu nih… kalau gua yang punya acara, pasti gua jadi ga nafsu makan. Begitu juga kemarin.. hahahaha…

Sebagian besar tamu bilang makanannya enak dan banyak😀
Awalnya kita booking 8 meja dewasa + 1 set menu anak2… tapi kemarin, setelah dipikir2… kalau anak2 dipisah duduknya, repot juga karena orang tuanya ga bisa melayani mereka makan kan… jadinya 1 meja set menu anak2 itu dibatalkan. Sama Nelayan boleh dibatalkan… flexible mereka.

Selesai acara makan, kita masih foto2 lagi sama pendeta, rombongan gereja, keluarga orang tua gua, keluarga David, dll… baru jam 3 lewatan bubarnya. Raja dan ratu seharinya selesai😀 dan sekarang mereka sudah SAH tanpa tanda kutip😀, tinggal dilanjutkan dengan proses pembuatan surat nikah sipil.

Gua, kembali mewakili keluarga gua, khususnya orang tua gua, mengucapkan terima kasih sebanyak2nya buat pihak2 yang membantu acara ini. Selain kepada God Almighty, kepada Pendeta yang melayani, juga kepada rombongan Pendeta & gereja ***kalau ga salah ada 3 Pendeta yang hadir***, keluarga, dan para undangan lainnya, gua juga mau ngucapin terima kasih buat…

***Serasa gua yang merit niy ;)***

Nelayan Seafood – Restaurant –> ini gua suka keflexible’an mereka dalam hal merubah2 menu, membatalkan menu pada saat terakhir, waitress2 yang cekatan, makanan yang keluar cepat, penaggung jawab yang terus stand by selama acara berlangsung, dan semua hal yang membantu kelancaran acara.

Yan Tje’s Cake –> ini bisa dibilang selalu hadir dalam setiap acara gua nih. Mau acara rumahan, sampai acara di gedung, hehehe…
Rasa kue kan ga perlu diragukan ya… dan yang jelas, sebagai tetangga, banyak banget ke-cincai-an dari si owner a.k.a ci Yan Tje. Kemarin gua pesan 80 Cupcakes, dikasih bonus 6… Truz gua dikasih gratis kue icing palsu 2 susun warna merah muda yang bisa jadi pemanis acara kemarin.

Foto2 nyusul ya… karena yang foto2in koko David dan koko ipar si David ***yang fotonya gua pajang kemarin itu***… dan gua baru bisa ke rumah dia minggu depan.

Selesai juga garis finish gua + Mama marathon diet 2 minggu… sampai rumah, setelah mandi dan beristirahat, cuma 1 yang terlintas di otak gua…

“Makan Mie!” wkwkwkwkwkwkwk…