Kenapa… kenapa… kenapa… lagi-lagi gua ‘keganjel’ JNE? hikz…

Sekedar UPDATE dulu.
Case gua yang ini, sudah CLOSE ya…😀
– Setelah ketemu dengan pak Pusat, tanggal 9 September’11 pagi, gua quote case gua di thread kaskus’nya JNE. Pada hari yang sama, pak Pusat telepon gua dan menyatakan paket gua dianggap hilang.
– Gua langsung proses claim. Hari itu juga gua anterin surat keterangan claim, kronologis kejadian, resi asli yang gua pegang, fotokopi resi yang tertukar barangnya sama barang gua, dan invoice asli.
Gua anterin pake tanda terima segala hahaha… dan gua bilang ke karyawan gua, tanda terima itu harus ditanda-tangani oleh siapapun yang terima dokumen2 claim gua. Bahkan kalau pak Pusat sendiri yang terima, dia juga musti tanda tangan hahahaha…
Eh ada lagi, kronologis yang gua buat itu 2 halaman kertas HVS loh hahahahahaha… Yaaa… namanya juga blogger ya… jadi gua terbiasa menjelaskan se-detail2nya🙂
– Dua minggu setelah tanda terima, gua ditelepon sama pak Pusat. Pak Pusat bilang, gua akan diganti sebesar 50% dari harga di invoice. DEAL! Katanya dalam beberapa hari ke depan, uang claim akan ditransfer ke rekening gua.
– Gua sempet quote ke kaskus lagi secara setelah 2 minggu tapi uang claimnya ga masuk2.
– Dan akhirnya… 2 Desember’11 kemarin, gua terima transferan dari JNE.

Sekarang……………………………………………………………

* * *

Eh temen2 online seller, pada tau Tokopedia ga? Itu loh… semacam komunitas gratis’an buat jual-beli juga😀
Gua dikasih tau sama upline gua, katanya jual-beli di Tokopedia itu lumayan enak.

“Buyer’nya ga pada cerewet, Des!”, gitu kira2 kata upline gua.

Ya sudah… gua coba2 ikutan bikin account di Tokopedia… dan ikut2an upload2 foto dagangan gua.

Beda dengan komunitas2 lainnya. Tokopedia ini memberlakukan ya… sebut saja seperti rekber. Jadi buyer lihat2 barang kita di web, kalau memutuskan untuk beli, nanti Tokopedia akan kasih totalnya yang sudah termasuk ongkos kirim. Kemudian si buyer akan T/T ke Tokopedia. Setelah itu, Tokopedia akan menghubungi seller… seller kirim pesenan buyer… setelah buyer confirm barang sudah diterima, uangnya akan masuk ke deposit seller yang bisa dicairkan kapan saja ke rekening seller.

Tanggal 12 Desember’11 kemarin, untuk pertama kalinya gua dapet email dari Tokopedia. Ada 1 orang bernama Atika yang order Baby Test ke gua… dan Atika itu sudah T/T ke rekening Tokopedia.

Gua dikasih kesempatan sih mau terima order atau batalin. Misalnya barangnya kosong, atau perhitungan ongkos kirim dari Tokopedia salah, atau salah harga, ya boleh2 aza gua cancel… nanti uang si Atika di T/T balik sama Tokopedia.

Karena yang diorder Baby Test… dan gua ada stock’nya. Ya gua terima ordernya. Besoknya… barangnya langsung gua kirim ke alamat Atika, sesuai emailnya Tokopedia. Siangnya, gua langsung upload nomor resi.

Sehari-dua hari… sampai kemarin gua tungguin… nomor resi gua GA BISA DI-TRACK DI WEB JNE. Halah… tadinya gua pikir, mungkin JNE belum input… dan gua berusaha tenang. “Ah… masa sial sampe 2x sih?”, gitu pikir gua.

Tapi ya… gua lama2 kepikiran sih. Secara ya… gua sama sekali belum terima T/T dari Tokopedia kan? Sementara Tokopedia baru akan T/T gua setelah barang diterima oleh buyer (buyer melakukan konfirmasi terima barang), atau resi di-track sudah ada nama penerimanya. Nah loh… sekarang kalau begini… gua ga bisa track2 nomor resi gua… sementara si Atika ga confirm kalau sudah terima barang bagaimana?

Mulai deg2an… akhirnya kemarin gua post lagi di thread kaskus’nya JNE. Case baru. Tau ga jawabannya apa… huaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Gan / sist mohon maaf untuk kiriman tersebut masih not found,
Silahkan melampirkan scan resi atau foto full resi asli tersebut untuk dapat kami kroscek lebih lanjut,
terimakasih

Stresssss tingkat tinggi deh langsung. Gileeeee…

Gua sudah coba SMS Atika… delivered… tapi ga dibales.
Gua sudah coba 2x telepon Atika… masuk… ga diangkat.

Kacau juga.

Truz gua email ke Tokopedia juga. Gua tanya kalau case kayak gua ini gimana jadinya? Ga pake lama, gua dibales sama Tokopedia. Intinya… Tokopedia juga berusaha menghubungi Atika apakah barang gua sudah diterima apa belum.

Weleh………………………………

Sekarang semua serba abu2. Gua sudah quote lagi ke kaskus… gua scan resi’nya… dan jawaban dari JNE belum bisa dibilang titik terang. Cuma dibilang…

baik gan/sist, ane teruskan ke bagian operasional untuk dikroscek kembali ya.

Sementara gua SMS Atika ga dibales… gua telepon ga diangkat. Masa gua musti samperin alamat pengirimannya sih😦

Bingung ah…
Gimana sebaiknya ya?