Resep Sop Buntut Sapi

Seperti yang gua cerita… gua ini ga bisa masak. Maksudnya masak besar bak Farah Quinn ya hihihi… Kalo cuma masak standard2 aja sih mudah2an bisa😛 Jadi enak-ga-enaknya sop buntut sapi yang gua share ini, tanggung masing2 aja ya hahaha…

Bahan :
– 500 Gram Buntut Sapi, potong2 –> lebih tepatnya sih bacok2 pake golok xixixi… Kalo gua beli yang udah dipotong di Carrefour. Kalo beli di pasar, bisa… tapi musti 1 Buntut. Beuhhh… banyak ajeeeeeeee… Di HERO juga ada buntut sapi tapi harganya mahal aje😦 *curcol*
– Minyak goreng sedikit untuk menumis
– 1,5 liter air
– Kentang Seseleranya
– Tomat Seseleranya

Bumbu yang dihaluskan :
1 Sdt Jintan
1/2 Sdt Pala Bubuk
1/2 Sdt Merica Bubuk
1 Cm Kayu Manis
2 Buah Cengkeh
2 Siung Bawang Putih
5 Buah Bawang Merah
Garam Secukupnya

Cara Masak :
1. Rebus buntut sampai empuk, kecilkan api.
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam rebusan buntut.
3. Masukkan kentang, masak sampai kentang setengah matang, masukkan tomat, masak sampai matang.
4. Hidangkan selagi panas.

Udah enak Des resep di atas? Pertama x belajar masak sop buntut sapi, gua kopi plek resep di atas… ternyata kurang enak.

Jadi gua sedikit melakuan modifikasi masaknya *ceileeeeeeeeeeeeee*. Cara masak versi gua :

1. Siapkan panci pengempuk. Tumis bumbu halus sampai harum. Gua sih tumisnya langsung di panci pengempuk itu… tumis pake sutil kayu.

2. Setelah harum, masukkan 1,5 liter air + buntut sapi… masak kurang lebih 20-25 menit sampai empuk.

3. Kalo udah 20-25 menit, masukkin kentang, tunggu sebentar sampai kentang setengah matang, masukin tomat, masukin garam, masukin PENYEDAP, tunggu sampai mendidih, angkat!

Jadi waktu halusin bumbu, gua ga pakein garam. Pas udah mau matang baru gua pakein garam dan gua tambahin penyedap. Gua sih pake penyedap jamur. Bisa juga pake KNOR, pake kaldu blok sapi, atau kalo berani pake micin juga ya silahkan aja😀

Untuk cabe-nya, menurut gua yang enak cabe doank. Cuma cabe rawit merah, pakein garam, blender kasar.

Untuk pelengkapnya, suka2 kalian deh… mau emping boleh, mau perkedel boleh. Gua sih biasanya sekalian bikin perkedel daging.

Resep Bakuteh

Salah satu rak di Carrefour yang gua demen adalah rak bumbu instant hihihi… Iya gua tau ga sehat… tapi gua juga ga terus2an pake bumbu instant koq. Mungkin lebih banyak gua masak mie instant dari pada masak pake bumbu instant😛

Ini salah satu bumbu instant yang gua beli belum lama ini. Udah lama ga makan Bakuteh. Terakhir makan di Singapore, gua lupa apa nama restaurantnya… yang ada cakwe-nya juga *apa jangan2 semua restaurant Bakuteh di Singapore ada cakwe-nya?*

Makan ber-tiga tahun lalu, S$ 45.30.

Dibalik kemasan bumbu instant ini, ada cara masak Bakuteh-nya. Tapi seperti biasa… gua punya pengalaman buruk setiap x kopi plek resep. Jadi kali ini pun gua kopi plek. Gua masak versi gua hahahahahahahahaha…

1 bungkus bumbu instant ini buat 1 kg Bakut. Terdiri dari 2 kantong teh. Karena gua masaknya cuma 1/2 kg, jadi gua pake 1 doang kantong teh-nya.

Cara masak Bakuteh versi gua :

1. Siapkan panci pengempuk *seperti biasa*.

2. Masukan 1 kantong teh, 1,5 liter air + bakut, jamur, bawang putih, ke dalam panci pengempuk. Masak kurang lebih 5 menit.

3. Kalo udah empuk, standard deh… pakein garam, pakein penyedap jamur, dan terakhir pakein kecap hitam. Disuruhnya sih pake kecap pekat dan kecap cair. Tapi gua pake kecap hitam aja 1 x di akhir proses memasak hihihi…

Rasanya… menurut gua lumayan. Malah masa David bilang, “Enakan Bakuteh dari pada sop buntut.”

“Ah kok begitu?”

“Iya… kalo sop buntut kan biasa… di sini banyak. Kalo Bakuteh kan jarang.”

Untung papa gua masih memuji, “Ya… keenakannya beda lah. Yang itu sapi, yang ini pork.”

Abis makan Bakuteh ini, siap2 minum air putih yang banyak ya… ga tau, gua ngerasa herba-nya cukup keras di tenggorokan.

Eh, buat yang muslim… boleh koq mau coba masak Bakuteh juga. Cuma dagingnya diganti ayam / sapi. Namanya jadi Ayamteh, Sapiteh hihihi…

‘Met mencoba… semoga enak😀

………

………

………

Ini pengalaman gua di masa lalu yang membuat gua berkesimpulan kalo gua ga ada sense of cooking sama sekali… *ada di blog lama gua*

Mungkin gue jadi orang terakhir yang bikin risoles ajaran Nat nih. Tadinya juga gue ga mau bikin :p. Tapi secara tuh bahan2 uda nongkrong manis di kulkas dari sebulan yang lalu… daripada kadaluwarsa plus mubajir. Ya uda deh…

Duh sebenernya ga mau cerita sih hihihi… malu abisan. Tapi GPP deh… seperti kata Jie di YM hari ini…

Jie Wa: experience is the best teacher

Yang jelas… dari hasil gerebak-gerebekan di dapur Minggu siang itu… gue bisa menilai kalo gue GA ADA SENSE OF COOKING SAMA SEKALI hahaha… Kenapa gue bisa bilang begitu?

Pertama… masalah takar2an bawang Bombai. Gue lupa Nat bilang 50 Gr apa 500 Gr. Gue nyatet 500 Gr tapi menurut David, “Ga mungkin!!!!!!!!! Kebanyakan!!!!!!!!!!!“. Tapi dasar gue sok yakin… maka 5 buah bawang Bombai gue potong2 semua. Gelonya… abis potong2 baru nanya Nat… n ternyata 50 Gr wakakaka… Kemana tuh sisa bawang bombai? Sebodo amat… gue jejelin di kulkas aja!

Kedua… pas buat dadaran kulit tipis2. Gue buat masih dengan amat sangat ketebelan… menyerupai PAN CAKE wakakaka… Makanya pas dilipet2 kok lipetannya pecah2 wakakaka…

Ketiga… pas proses pelipet2an itu… gue sama sekali ga bisa ngelipet bentuk amplop seperti yang Nat bilang. Gulung kiri… gulung kanan… kebuka lagi… kebuka lagi. Sama sekali ga kebayang harus pake PUTIH TELUR untuk menempelkan tuh risoles. Pas adegan guling2in di telur plus tepung roti juga gue masih kelihatan canggung sekali. Tapi gimana dong… uda setengah jadi. Jadi terpaksalah bagian gulung-menggulung dan guling-mengguling itu gue serahkan sepenuhnya ke suami gue tercinta, David seorang wakakaka… “Makasih ya Pit!!!

Tau ga… pagi ini gue ngecek ke blog Nat tentang risoles itu… ternyata kalo berhasil… tuh risoles bisa jadi 25 potong. N tebak… berapa potong kemarin gue jadi?????????

***

***

***

***

S-E-M-B-I-L-A-N saja!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Kebayang kan segede2 apa jadinya risoles gue???????? hahahahahahahahahahaha…

David sempet bingung… “Ini adonan isi segini banyak sedangkan kulitnya cuma 9?????????? Elu ga salah???????

Iya salah kali….!!!!!

Jadi diapain nih adonan?

Goreng aja campur sama sisa tepung roti plus bawang Bombainya!!!!!!!!!!

wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…

Bukan itu aja… bahkan gua hampir “meracuni” seseorang…

Pada tau berapa hari masa kadaluwarsa susu segar (fresh milk)?
(a) Dalam hitungan bulanan
(b) Dalam hitungan mingguan
(c) Dalam hitungan harian

:D wakakaka… jawabannya adalah…

***

***

***

C. Dalam hitungan harian. Pada tau berapa hari?????????

***

***

***

EMPAT HARI SAJA SAUDARA-SAUDARA!!!!!!!!!!!! Tau apa efek dari keracunan susu? Minimal mencret2 kan…

Nah… insiden kecil ***yakin lu Des kecil???*** itu baru2 ini menimpa gue wakakakakaka…

Ga perlu gue ulangin ya dalam hal apa… pasti uda pada nebak kan hihihi… :D . Yang uda tau… plz… ga usah dipertegas nanti kalo comment. Cukup Te Es Te aja ya… TAU SAMA TAU hihihi…

Jadi ceritanya aneka bahan2 untuk pembuatan makanan itu uda gue siapin dari 1 bulan sebelumnya. Maunya sih emang saat itu juga langsung eksekusi… tapi ternyata tiap wiken adaaaaaaaa aja halangannya. Akhirnya baru kesampaian eksekusi ya… sebulan kemudian.

Pertama kali bikin adonan… gue uda mencium bau2 agak menyengat dari fresh milk-nya plussssssssss………. ada bentuk2 menggumpal. Tapi gue yang dasar emang ga doyan susu… ya merasa mungkin memang gitu baunya susu segar. Dulu pernah masak pake santan instan yang menggumpal2 padahal belum kadaluwarsa. Usut punya usut ternyata karena tuh santan instan gue taruh di kulkas yang katanya ga boleh. Nah… jadilah gue berasumsi sama untuk produk susu ini.

Kesadaran datang dari nyokap, “Hhhmmm… bau apa sih ini? Kek basi!

Singkat cerita… makanannya jadi :D . Maka dimakanlah bersama2 tuh makanan.

Ga ada rasa aneh apa2 saat makan tuh makanan. Sampe malem juga ga ada gejala apa2… Tau2 besoknya… dapet YM dari Nat yang bilang kalo masa kadaluwarsa fresh milk cuma 4 hari.

Whaaaaattttt? PANIC MODE-ON. Langsung panik euuuyyyy… masalahnya korban gue bukan dari keluarga gue aja. Kalo cuma dari keluarga gue sendiri sih masih mending deh. Ini gue juga mengorbankan beberapa orang lain ***maksudnya… ada orang lain yang gue kasih tuh makanan*** Duhhh duuuhhh… Terbayang sudah tuh orang “keracunan susu”. Sekelebat dialog ada di otak gue…

Dokkk… kenapa saya muntaber??? Saya ga makan apa2 yang aneh kecuali pemberian Dessy!

Wah Anda keracunan susu! Anda harus opname untuk mengganti cairan tubuh yang hilang!

Terus di-sue lah gue dengan tuduhan “MERACUNI” orang2. TIDAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK…

Kalo David, nyokap n gue sendiri uda terbukti sehat walafiat. Tapi gue ga tau kondisi korban2 yang lain… langsung gue cari2 dia di YM… ternyata dia ga online. Cek di Xeeber… apakah dia invisible atau offline… ternyata OFFLINE… Oh my God. Gue uda sampe taraf panik… mau SMS dia… tapi bingung gimana cara SMS-nya… maksud gue… gue mau memastikan apakah dia sehat2 aja tapi gue ga mau dia sampe tau kalo gue tidak sengaja “meracuni”. Duuuuhhhh gimana nih???????

Untung sorenya tuh orang ONLINE. Yup!!! ONLINE!!!!! Gue seneng dong otomatis… langsung gue tanya kabarnya… TERNYATA… Puji Tuhan dia ga kenapa2…

Elu sehat2 aja?

Sehat! Gue baru balik kantor nih!

Elu ga sakit?

Ga lah… kan gue bisa kerja!

Elu ga mencret? Elu ga mutaber?

Gue flu kemarin tapi kan uda sembuh! Kenapa? Tumben perhatian ke gue?

Eeeee ga…

:) ) :) )

***********************************************************
Pas pulang… dengan penasaran gue tergopoh2 ke supermarket hanya untuk memastikan apakah betul susu yang gue beli itu memiliki masa berlaku yang cuma 4 hari?

Gue lihat tanggal BEST BEFORE… OMG… bener cuma 4 hari.

Just wondering kenapa gue n korban2 gue itu ga keracunan? Hhhmmm… may be karena tuh susu gue masak seiring dengan masak adonan. Jadi racunnya hilang… atau bisa juga…

Karena masih tertulis Best Before bukan Expired Date… dengan asumsi…

Best Before: 4 Hari.
Better Before:
Good Before:

Jadi total2… sebulan masih masuk kategori Good Before lah hihihihi… hahahaha… hhmmm……

@someone there: maap ya…….. gue ga sengaja…… bukan maksud gue ngeracunin elu lho… maap… maapppp… toh elu ga kenapa2 juga kan? :D