Udah lama ya ga ada postingan “PROGRAM KEHAMILAN”🙂 Abis gua malu sih… udah posting berseri2 kayak cerber… tapi koq ya ga ending2. Boro2 deh nyambung ke part 2 kayak Breaking Dawn hahaha…
*) Maksudnya nyambung ke anak kedua.

Pernah dua kali hampir ending… eh anti klimaks lagi hahaha… semoga kali ini bisa menghasilkan ending yang WOW ya… *berdoa*

Bulan kemarin… tanggal 22 Oktober, gua ke dokter SpOG lagi dong… Ini dokter ketiga dalam part-1 gua ini. Moga2 dokter terakhir. Namanya Dokter Ady Sutjahyono, SpOG. Ga pake embel2 (K) di belakangnya sih… tapi toh gua 2x pake dokter dengan embel2 (K)… tetep aja ga ‘mbelendung.

Gua tau dokter Ady dari saudara sepupu gua. Dia pernah janinnya ga berkembang dan harus dikuret… akhirnya setelah program beberapa bulan sama dokter Ady, langsung hamil lagi. Terus ada saudara gua juga pake dokter Ady. Dia dari awal kehamilan kram2 terus… tapi berhasil melewati kehamilannya dan sekarang sudah melahirkan.

Sebenernya semenjak gua keguguran spontan terakhir, gua udah beberapa kali juga ke dokter Ady. Cuma selalu gua undur2 programnya. Gua sempet alesan juga mau turunin berat badan dulu.

Tapi apa daya ga turun2… walaupun gua udah trademill setiap hari bow hahaha… Sebenernya gua ngerasa singset’an, tapi kok timbangan ga turun2 ya.

Kapan gua bisa seseksi J-Lo wkwkwkwk…

Ya udah… berhubung ga turun2, umur tambah terus, gua putusin mulai program lagi deh ke dokter Ady.

Pertemuan kemarin… cuma diresepin PROFERTIL aja. Terus dijelasin detail kapan masa subur gua… kapan masa evaluasi hormon dan analisa sp3rma David *Maap neee… bukan gua alay. Tapi kalo gua ketik lengkap pake huruf e, nanti ada aja orang2 pencari situs p0rno yang masuk ke blog gua hihihi…*

Dokter Ady detail banget deh jelasinnya… gua masih sempet2 tanya PCO gua. Gua juga tanya ke dokternya, “Dok… bener nih ga ada kista / myom Dok?”

“Ga ada! Bersih kok! Ini posisi rahim ke depan. Habis ‘berbuat’ ganjel dulu ya pake bantal…”

“Hah? Ke depan Dok? Bukan retrofleksi?”

Dokter lihat lagi hasil print USGnya… “Mana… ini mah ke depan kok… Siapa yang bilang retrofleksi…”

“Berapa lama Dok diganjelnya?”

“Ya sampe tidur aja. Dianjurkannya 30 menit… tapi lebih lama lebih bagus kan…”

“‘Berbuat’nya berapa kali Dok? Dua hari sekali?”

“Ya… dua hari sekali boleh… kalo lagi fit ya tiap hari juga gpp. Jangan males ya!”

Dan pertanyaan2 lainnya yang sampe dokter dan susternya ketawa2 sambil ngomong…
“Udah… tenang aja jangan parno! Yang 1 parno PCO… yang 1 parno takut kualitas sp3rma ga bagus. Santai aja…”

hahahahahahahaha…

Untung dokternya sabar. Kalo ga, udah ditoyor kali ya kepala gua + David hahahahahahahahaha…

* * *

Dan kemarin dulu… tanggal 12 November, gua + David tes lab.

Agak ribet juga nih tadinya. Gua telepon ke Hermina Daan Mogot, katanya ga bisa tes sp3rma hari itu. Adanya Selasa dan Jumat… dengan dokter Androlog. Gua sempet bingung juga sih… setau gua kan kalo cuma tes doang mah ga usah Androlog dong ya. Nanti hasil tesnya, baru dianalisa sama Androlog.

Tapi petugas lab Hermina Daan Mogot tetep bilang kalo kemarin itu ga ada jam kerjanya. Dan tetep oleh Androlog. Gua disaranin besok aja baru ke sana. Yang berarti… udah ‘puasa’ 6 hari.

Gua langsung dong SMS dokter Ady hahaha… dan senengnya langsung dibales, “Periksanya tetep sekarang, soal dr. **** mau baca kapan, terserah beliau..”

Tuh… berarti kan dokter Ady udah suruh sekarang. Gua telepon lagi ke lab. Gua bilang harus sekarang… gua jelasin gua cuma mau periksa doang… ga mau konsultasi ke Androlognya. Eh dengan juteknya gua dijawab, “Kan tadi udah saya jelaskan Bu. Hari ini ga bisa. Ga ada jam kerjanya!”

HUUUH…

Dan gua yang kepo ini langsung SMS dokter Ady lagi… kasih tau kalo gua pindah lab aja *yang mana sebenernya ga perlu gua laporan lagi ke dokter Ady wkwkwkwk…*

Tapi syukurlah menurut dokter Ady gua ga kepo kali ya hahaha… buktinya gua dibales loh. Walaupun cuma 5 karakter…

“Iya..”

Abis kata saudara gua, dokter Ady sopan banget dan selalu siap sedia jawab SMS dan telepon kok. Malah gua dikasih pin BBnya sama saudara gua hahaha…
Langsung gua add dan langsung di approved😀

Akhirnya… pindahlah gua ke Bio Medika Kedoya. Gua sempet telepon dulu sih… diangkat sama bapak2. Gua bilang mau tes Analisa Sp3rma.

“Bapak udah puasa Bu?”

“Udah Pak… 5 Hari…”

“Berarti harus hari ini ya Bu periksanya. Karena puasanya antara 3-5 hari. Lewat dari 5 hari kan udah ga akurat. Pagi2 aja supaya masih fresh. Kalo siang takutnya bapak capek jadi hasilnya ga akurat.”

“Err Pak… mau tanya… ruang ambil sp3rmanya dimana Pak?”

“Di toilet Bu.”

“Wahhh… apa nyaman Pak? Entar ga tenang soalnya ada yang ngantri mau pipis atau tes urine… nanti digedor2 dari luar Pak.”

“Ga Bu… toiletnya yang di lantai 1 kok. Pintunya pun double. Jadi biar digedor dari luar juga ga kedengeran. Toiletnya juga besar kok… tenang aja…”

Hahahahahahaha… istri kepo… David aja ga tanya2 sampe begitu hahahahahahaha…

SINGKATNYA yang GA SINGKAT… sampelah gua di Bio Medika Kedoya. Langsung daftar… “Wah terakhir ke sini Ibu Dessy masih Nn. Dessy ya?” hahaha…

Bayar untuk test Progesteron gua: Rp. 315,000.-, untuk tes Analisa Sp3rma: Rp. 100,000.-

Pas pengambilan darah gua, gua selalu bilang ke petugasnya kalo pembuluh darah gua kecil… jadi pake jarum terkecil aja hahaha… Terakhir gua diambil darah dari pembuluh darah yang buat infus *di deket jari tangan*.

“Jadi Ibu suka biru2?”

“Iya Bu… itu tandanya apa?”

“Oh… tandanya pembuluh darahnya pecah. Tapi gpp… ga bahaya…”

David bilang pembuluh darah gua kecil karena gua jarang angkat barang2 berat. Dia suruh gua angkat barbel supaya tangan gua ber-urat. Please deh… masa sih cewek2 tangannya ber-urat ck ck ck…

* * *

Selesai dari lab, gua balik ke kantor. Hasilnya baru keluar besoknya.

Hasilnya… Puji Tuhan untuk sp3rma David bagus dan ga ada masalah. Jumlah sp3rma yang bergerak cepat dan lurus ke muka juga di atas nilai normal. Bentuk normal *artinya berbuntut* juga lebih dari cukup… jadi kesimpulannya: NORMOZOOSPERMIA.

Hasil gua dong… hihihi…
Gua kemarin testnya pas masa tidak subur… isitlahnya masa Luteal Phase. Masa setelah masa subur sampe ke mens berikutnya. Nilai rujukan1,5 – 20. Gua dong… 0,84 saja! hiks…
Kesimpulannya: hormon Progesteron gua rendah. Ya kayaknya sih artinya ketebalan dinding rahim gua kurang.

Mungkin ini yang nyebabin gua keguguran spontan kali ya… karena si janin ga kuat nempel di dinding rahim gua yang tipis ini.

Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu… sedih gua. Gua langsung google deh makanan peningkat hormon Progesteron… yang diantaranya adalah kacang kedelai, kacang almond, kuning telor, dan Zinc.

Ahhhh perasaan gua udah banyak deh makan telor hehehe…

Gua sih belum balik ke dokter Ady lagi. Kata dokter nanti aja pas jadwal mens. Mens ga mens ya balik lagi nanti.

Aduh… gua udah gatel padahal pengen BBM dokternya kasih tau hasil gua hahahahahahaha! Tapi ga jadi… takut ganggu *pasti ganggu lah* hahahaha…

Semoga segera ada perubahan ya… Amin…