Lagi rame nih blogger2 tanya ke readernya, postingan apa yang kalian mau di blog blogger tersebut… postingan apa yang kalian suka…

Gua juga mau ikutan tanya dong *walaupun ga diikuti quiz* hahaha…

Postingan apa sih yang kalian suka dari blog TH3SEA ini?
Dan kalian mau gua post apa selanjutnya?

* * *

Sambil menunggu jawaban, gua mau cerita.

Ada 1 cerita yang ketinggalan gua abadiin di blog ini. Baru keingetan pas semalem ngobrol2 sama mak Azzam hihihi…

Y a i t u
mengenai PLN.

Jadi kelanjutan dari cerita kalo rumah gua didatengin Tehnisi PLN yang endingnya meteran gua diganti dengan yang digital.

Hari2 selanjutnya adalah…

Meteran gua diganti hari Jumat. Hari Seninnya, gua dateng ke kantor PLN lagi. Bukan mentang2 rumah gua deket sama PLN kok jadi gua rajin dateng hahaha… Tapi gua termasuk orang yang konvensional… yang pengen nyamperin aja biar tuntasss taasss tassssss hahaha…
Lagipula kan di Berita Acara yang gua tanda tangani, ada tulisan kalo gua diminta ke PLN hari Senin.

Senin pagi pas gua dateng dan menemui bapak yang namanya ada di Berita Acara, masa gua malah ditanya, “Loh, siapa yang ngundang, Bu?” hahahahahahahahaha… Untung dia ga bilang, siapa yang jemput Bu? Bisa2 serasa Jaelangkung aja gua dateng ga dijemput!😀

Jadi gua sebenernya hari Senin itu ga perlu dateng katanya. Nanti Berita Acara, beserta meteran lama gua yang rusak, dibawa ke lab dulu sama mereka… dianalisa… baru gua dipanggil buat penjelasan dan penyelesaian. Lah kalo sekarang mah belum juga dihitung katanya.

“Penyelesaian pembayarannya nanti aja Bu… kalo sudah dapet panggilan.”

“Lah? Kok bayar? Kan bukan salah saya Pak! Kan di Berita Acara jelas kan tertulis kalo tidak ditemukan pelanggaran!”

“Iya Bu… memang ga pelanggaran kok. Tapi kan meteran Ibu lemah. Jadi ada pemakaian yang kurang bayar Bu. Itu yang nanti kami tagihkan ke Ibu.”

“Loh? Saya mana tau lemah. Terus ngitung2nya gimana? Buktiinnya gimana kalo saya seharusnya bayar sekian?”

“Ada analisanya Bu…”

Ya udah lah… padahal gua masih mau ngotot ga mau bayar kekurangannya. Ya kan gua ga tau ya kalo meteran gua rusak. Terus kan sekarang direset ulang jadi 0. Ibaratnya tutup buku kan? Harusnya yang lama jangan diungkit2 dong ya hahaha…

Tapi si bapak itu bilang, “PLN kan juga beli Bu…”
Yang sampe sekarang gua masih ga ngerti… beli listrik maksudnya? Jadi siapa yang punya listrik di Indonesia ini? hihihi…

Apalagi ipar gua bilang kalo ada rumah kenalan dia, udah 1 tahun meterannya rusak… dan baru diganti kemarin. Uang tunggakannya 11 juta katanya. Alamakkkkk… spaneng dong gua kalo tiba2 keluar billing 11 juta dari PLN hahahahahaha…

Seminggu-dua minggu gua tungguin. Udah sempet dateng billing baru pula… tapi gua ga dipanggil2. Gua udah seneng aja nih.

Eh ga taunya akhirnya gua dipanggil juga hahahahahahahahahaha…

Pertemuan kedua dengan bapak PLN *yang dulu juga*, gua langsung sodorin surat panggilan gua. Si bapak langsung lihat dan ketak-ketik di komputer… terus kebuka deh data2 gua yang gua ga ngerti hahahahaha…

Jadi gua dihitung rata2 per bulan berapa semenjak gua tinggal di rumah ini… terus sejak kapan tagihan gua jadi merosot drastis *jadi 150rb setiap bulannya*. Ada 1 bulan dimana tagihan gua 500Rb sekian sebelum kejadian meteran rusak.
Gua dong… protes duluan. Gawat aja kalo dia patokannya setiap bulan musti 500Rb lebih bayarnya. Hitungan awamnya kan dihitung selisihnya terus dikali sejak kapan meteran gua rusak kan?

“Pak, jangan patokan ke yang 500Rb ya… itu rumah saya ada pesta. Saudara2 pada dateng dan nginep! Kalo hari2 biasa mah rumah saya sunyi senyap pak… kan orang2 kerja! Pulang ke rumah juga malem kok… jadi cuma numpang tidur aja di rumah.” *Gua lebay2an dong ya… biar hitungannya murah hahahahahaha…*

Entah gimana deh, akhirnya keluarnya sederet nominal yang katanya “tunggakan” gua. 2Jt lebih. Kalo ga salah 2,4Jt hadoooooooooooooooooooooooh…

Errgg, gua sih sempet bersyukur juga karena ternyata ga sengeri yang gua bayangin. Tapi tetep aja gua masih minta keringanan.

Gua minta digratisin aja karena lagi2 gua bilang kalo gua ga salah… dan gua juga ga tau kan itu nominal 2Jt apa akurat apa ga… —> si bapak yang sabar itu cuma ketawa2 sambil bilang, “Ga salah kok Bu. Udah ada di sistem…”

“Ga bisa digratisin Pak? Saya berat dong kalo segitu. Discount ga ada Pak?”

“Hehehe… ga ada Bu. Kan PLN juga bayar! Paling kami kasih keringanan. Bayarnya boleh 16x.”

Akhirnya gua minta bayarnya 24x —> dan ditolak juga. Si bapak masuk ke dalem nemuin atasannya, terus keluar lagi bilang ga bisa.

“Ibu kan tunggakannya cuma 2Jt sekian Bu… kalo misalnya 5Jt sekian, baru bisa diperjuangkan sampe 2 tahun!”

Hahahahahahahahahahahaha…

Jadi begitulah akhirnya. Udah 2 bulan ini gua bayar listrik jadi mahal. Pemakaian gua sekitar 300-350Rb… ditambah tunggakan 150Rb… jadi gua bayar sekarang sekitar 500-600Rb aha……………………

Pas waktu bayar, gua sempet melipir lagi loh ke PLN buat minta print perinciannya hahahaha… Berapa pemakaian gua, berapa abodemen, berapa cicilan tunggakan.

Si bapak masih kenalin gua… “Bu, lain kali kalo misalnya bayar tagihan mendadak murah, langsung lapor aja Bu… jadi ga sampe 2Jt begitu…”

Ah bapak!

* * *

Dan sejak saat itu, gua berhenti foya2 listrik di rumah hahaha… HEMAT ENERGI! HEMAT BIAYA!

BTW… kata Tehnisi PLN yang ke rumah gua, kalo meteran rusak karena force majure misalnya karena semut, itu tetep si penghuni loh yang ganti. “Bisa aja si penghuni, sengaja masukin gula ke sana biar dimakan semut Bu! Jadi meterannya rusak dan berjalan lambat!”

Oh My…………………………