Iseng banget kasih judul begitu hahaha…

Sekarang gua lebih PD pasang resep… soalnya sop buntut gua berhasil hahaha ^^ dan udah dibuktiin sama Felicia mami Clarissa – Conrad hehehe…

B a h a n :

  • 2 Buah Kentang, rebus, haluskan –> gua sih, gua tumbuk pake plumpang
  • (1/4 Kg) Tepung Terigu –> gua pake Segitiga Biru
  • (1/2 Bungkus) Fermipan –> Fermipan itu sachet kecil ya… jadi 1/2 bungkus maksudnya 1/2 sachet
  • (2 Butir) Kuning Telur
  • (1 Bungkus) Susu Bubuk –> ini belinya yang sachet’an itu loh. Gua sih belinya di toko bahan kue. Komplit… Gua beli merk Dancow
  • (2 Sdm) Mentega, cairkan, dinginkan –> gua pake Blueband
  • (2 Sdm) Gula Pasir
  • (Secukupnya) Garam

Bahan Toping : Suka2 aja. Gua kemarin beli gula dingin 1 bungkus. Ada yang pakein mentega terus ditaburi coklat juga ga apa2…

Cara Eksekusi *versi gua*:

Percayalah gampang dan mudah! Bahkan untuk yang lebih pemula dari pemula sekalipun *kayak gua hehehe….*

1. Larutkan Fermipan dengan 2 Sdm Air, beri sejumput gula dan sejumput tepung terigu (ambil dari takaran bahan di atas aja), aduk!

2. Campurkan larutan Fermipan dengan sisa bahan di atas kecuali mentega, ULENI! Khusus mentega cairnya, masukkannya sedikit demi sedikit ke adonan sambil diuleni gitu. Jadi ga langsung blek dituang. Uleni terus sampe kalis. Gua sih ga tau kalis tuh apa… tapi mungkin maksudnya sampe ga lengket x ya.

Uleninya berat loh. Mendingan pake mixer aja deh… soalnya gua tanya ke temen gua yang jualan donat franchise, dia biasa uleninya pake mixer.

3. Kalo udah kalis, bentuk deh adonan menjadi buletan2 kecil.
Kalo gua sih… bentuknya gua bulet2in kayak ngebulet2in perkedel. Nahhhh gedenya juga segede perkedel aja.
Taruh jejer di sebuah wadah aja.

Pas ngebulet2innya, tangan kita dikasih terigu juga sedikit… biar ga lengket. Kalo ga… dijamin bulet2annya ga bisa bulet2 amat karena nempel2 di tangan kita yang kering hahaha…

Selesai dibulet2in, diamkan sampe mengembang (sekitar 15-30 menit). Ciri2nya… kalo udah mengembang tuh adonannya diangkat enteng banget hehehe…

4. Goreng dengan api kecil.

Kalo gua kemarin, giliran mau goreng, donatnya gua colok pake sumpit tengahnya… terus tangan kiri gua juga pegang sumpit. Jadi gua pegang 2 sumpit. Kemudian bolongan tengah donat itu gua puter2 pake 2 buah sumpit sampe bolongannya gede… kebayang ga? Kayak lagi senam puter2an tangan di udara… hahaha…

Donatnya ga akan terpecah jadi 2 karena kan adonannya udah mengembang.

Kalo udah, baru goreng. Sambil goreng pun donatnya diputer2 pake sumpit ya…
Tapi beberapa temen2 gua sih donatnya ga dibolongin. Dibulet2in kecil2 aja kayak bikin kue bola2… ya ga apa2 juga. Apapun bentuknya, rasanya tetep sama hehehe…

Setelah mateng… donatnya gua siremin gua dingin. Kalo mau dipakein coklat juga boleh sih… Kalo keju, temen2 gua yang pernah coba, kurang rekomen, karena rasanya jadi terlalu gurih nantinya.

Selamat mencoba ya… ^^ Jangan sambil kentut ya…
Orang dulu bilang, kalo bikin adonan kue jangan sambil kentut, entar bantet semua hahaha…

Yang udah berhasil, kabar2in ya…😀

donat4Ini foto pengalaman pertama… jadi harap maklum aja kalo bentuknya belum ‘nafsuin’ hahaha…