Namanya “Joko Ariesta Sulistyan”, my eldest uncle. Mama gua ber-11 saudara, yang paling besar om J ini. Para keponakan panggilnya Cude… kependekan dari Khiu yang Gede.
Biasa… anak2 kan ga bisa ngomong Khiu De, bisanya Cude hehehe… keterusanlah sampe generasi2 sekarang. Anak2 sepupu gua mungkin panggilnya CungDe. Khiu Kung yang Gede.

Seorang paman yang…
Pernah berdebat sama gua duluan telor atau ayam. Gua bilang ayam, dia bilang telor.

“Lu tau ga, dulu di alam semesta ini ada bola api besar yang berputar2. Saking panasnya, timbul percikan bulatan2 api. Percikan2 itu ada yang mental ke bumi… terus jatuh ke laut. Lama2 tuh bola api padam, jadi tinggal batunya aja. Terus karena kena udara, kena air laut, batu itu pecah… dan di dalemnya ternyata ada makhluk hidup. Jadi duluan telor!”

“Lahhh trus asal mula sapi dari mana? Apa anak sapi mental ke bumi? Sapi kan ga bertelor!”

“Ya seperti layaknya manusia ada perubahan… makhluk hidup dari dalam telor itu lama2 berevolusi, ada yang jadi sapi, ada yang jadi kambing, begitu deh!”

* * *

Seorang paman yang…
Nganter gua & Meily ke sekolah naik Vespa bututnya setiap hari. Pernah gua ngambek ga mau sekolah gara2 rambut gua belum dikuncirin pembantu *waktu masih SD bow*. Om J terpaksa harus bujuk2 gua dan iketin rambut gua seadanya supaya gua mau sekolah. Dalam perjalanan menuju sekolah, om J ngomong, “Pak Guru jangan masuk dulu ya……… Dessy sama Meily belum sampe…”
Bener aja! Sampe di sekolah, ternyata guru gua terlambat🙂

Bukan cuma antar kita ke sekolah… om J juga sering kita “kerjain”. Gua & Meily emang punya sifat PELUPA yang KLOP hahahaha… Adaaaaaaaaa aja yang ketinggalan. Mostly PRAKARYA. Begitu sampe di sekolah, kita minta om J balik lagi ke rumah buat ambilin barang yang ketinggalan itu.
Walaupun protes, om J tetep ambilin dan bawa balik ke sekolah ^^

* * *

Seorang paman yang…LUCU! Bayangin ya… misal gua lagi makan, ada temen gua telepon, dia bisa jawab, “Dessy lagi gulet sama bakmi!”

LUCU dengan spontanitasnya.

Ada SPG dateng ke kantor gua tawarin barang dagangannya.

“Permisi Pak, saya mau kasih hadiah buat Bapak…” –> sambil mengansurkan barang dagangannya.

“Ohhh mari sini… dengan senang hati!” —> hadiah langsung diambil dan dimasukin ke dalam laci mejanya.

“Iya Pak… ini gratis ya. Tapi ada administrasinya sebesar bla bla bla…”

“Hah? Kalo gitu ga jadi senang hati!” –> tuh hadiah dikeluarin lagi dari lacinya, terus dibalikin ke si SPG.

hahahahaha…

Pernah waktu gua menang quiz berhadiah secangkir mug & kantong teh Sariwangi. Di dalam paketnya diselipin angket yang suruh gua isi dan balikin.
Teh itu langsung gua seduh dan gua kasih om J yang cobain.

Pas gua tanya, “Cude, ini ada angketnya… menurut Anda, kapan saat yang tepat minum teh ini?”

Dijawab, “Hhhhmmm… kapanpun asal pada saat menerima hadiah!”

=)) =))

* * *

Seorang paman yang…
Tidak berTUHAN *dulunya*.
“Cude, ga mau punya Tuhan? Entar ga masuk surga loh!”

“Beuuuhhh apa enaknya di surga? Cuma muji2 Tuhan aja… Kalo di neraka, eh lu di bumi ngapain? RAMPOK! LU? Gua BUNUH ORANG! Hebat ya lu… mati berapa? bla bla bla…” –> ngelantur tingkat tinggi. Ngomongnya sambil ketawa2 ngelantur begitu.

“Cude, pamali ah ngomong begitu! Entar kalo meninggal gimana?”

“Ya lempar aja gua mah! Ditendang juga boleh! Buang ke laut juga boleh!”

* * *

Seorang paman yang…
Puluhan tahun ikut kantor papa gua. Dari jaman gua kelas 5 SD sampe gua merit, juga dia masih bantuin kantor gua. Cuma akhir2 ini, karena penyakit tua sudah mulai mengganggu, dia ga ke kantor2 lagi. Pensiun istilahnya.

Selalu bisa diandalkan untuk menghadapi situasi apapun. Pernah dulu ada karyawan gua *ABG*, didatengin papanya marah2… karena si ABG ini ketahuan pacaran sama cowok yang ga disetujui.

Om J yang dengan kepala dingin berusaha tenangin si papa.

Selalu bisa diandalkan untuk betulin barang apapun yang rusak. Antena TV, lampu, kabel roll listrik, sampe… CUCI TORON AIR!

* * *

Ahhh seorang paman yang menyenangkan… Ga pernah terlihat sedih… sangat menyayangi anak2…

Di hari2 terakhir hidupnya, ketika kesadarannya sudah mulai menurun, ketika dokter syaraf menyatakan otaknya DROP dan paru2nya sudah banyak virus, ketika adik2 dan keponakannya sudah berkumpul di RS, om J memutuskan untuk dibaptis.

Pendeta : “Ko Joko……………… apa Ko Joko mau dibaptis? Karena di dalamNya sudah tidak ada lagi penderitaan & kesukaran. Kalo Ko Joko mau, tolong beri reaksi ya… tolong genggam tangan saya…”

SATU DETIK… DUA DETIK… TUBUH ITU TETAP TERKULAI LEMAS TANPA TANDA-TANDA KESADARAN.

Detik ketiga… TANGANNYA BERGERAK MENGGENGGAM.

Pendeta : “Ko Joko, sekali lagi ya… kalo Ko Joko mau dibaptis, Ko Joko tolong beri reaksi ya… bergerak sedikit!”

SATU DETIK… DUA DETIK… BAHUNYA & TANGANNYA TERGERAK SEDIKIT.

Puji Tuhan… hari itu, langsung diadakan baptis darurat untuk om J.

* * *

Hari Mingu, 1 hari setelahnya, kondisi om J tambah memburuk. Kalo kemarin masih bisa bereaksi, hari itu sudah tidak bisa sama sekali. Dokter mengatakan kalo dia sudah terlalu drop… dan kita hanya tinggal tunggu waktu. Dan benar aja… jam 7 malam kabar duka itu datang.

Nafasnya tampak tersengal2 walaupun dengan bantuan alat kedokteran…
Pi… kalo papi mau jalan, mami udah rela Pi… Kalo Papi ga kuat, Papi ga usah tunggu Yaya *anak mereka, dalam perjalanan menuju RS*. Mami janji akan urus Yaya baik2… Adik papi *tante gua* juga janji akan terus sekolahin Yaya sampe gede. Papi tenang aja ya Pi… ga usah khawatir. Saudara Papi banyak, Yaya banyak yang sayang! Mami ga tega lihat Papi begini. Kalo Papi mau jalan, jalan aja Pi…”

Lalu om J menghebukan SATU NAFAS

DUA HEMBUSAN NAFAS

Kemudian terhenti! Nafasnya berhenti. Tergopoh2 suster & dokter datang ke kamar om J, melakukan tindakan pertolongan darurat, dan akhirnya… dokter menyatakan om J telah meninggal.

Telah berpulang dengan damai, ke dalam rengkuhan kasih Kristus, seorang suami, ayah, koko, koko ipar, paman, paman kakek kami tercinta,

Joko Ariesta Sulistyan, dalam usia ke 72 tahun.

Selamat jalan Cude! Selamat menikmati kehidupan barumu di atas sana. Selamat meninggalkan semua kesakitan & kesusahan selama hidupmu di dunia.

S’moga Tuhan beserta kamu
rahmatNya melindungkan kau
Tuhan jadi gembalamu
sampai kita bertemu lagi

Bertemu bertemu
di hadapan Tuhan Hu
Bertemu bertemu
s’moga Tuhan beserta kamu

 

Om J masa muda

.͡▹​Fera _3 kenneth gabriel

Om J… sesaat sebelum terjatuh dan menderita stroke

=) Aries Yun_Dewi__Aurora =)