Maaf nih foto2nya sedikit… abis gua diledekin sih cuma bawa kamera pocket *MASIH DENDAM!* jadi gua ga foto banyak2 deh hehehe…

Ga deh😀 gua emang jarang foto2 soalnya temen2 juga udah foto2… jadi gua tinggal tunggu upload’an temen2 gua aja… toh objek yang difoto sama aja😀

Jadi… inilah hari selanjutnya, Kamis, 30 Mei 2013

  • KYOTO, Kota Budaya! RUTE PERTAMA: SHINTO JINGGU (temple umat Shinto)

Di Jepang ini ada 2 jenis temple. Temple pertama adalah temple umat Budha, temple kedua adalah temple umat Shinto. Beda ke-2 agama tersebut, silahkan cari tau sendiri yeeee hihihi… Gua cuma ingetnya, si guide cerita kalo temple umat Shinto itu, biasanya dibangun kalo kaisarnya meninggal.

Di Shinto Jinggu, ada tempat buat gantungin wish.

WISHING1

WISHING2

Gambar yang atas, isinya ga bisa dibaca orang lain. Kainnya disimpul begitu… terus agak basah2. Mungkin dibasuh sama air suci dulu. Isi tulisannya berupa ramalan kayak Tiamsi. Kalo hasil ramalannya jelek, kainnya ga dibawa pulang tapi digantung disono. Kalo hasil ramalannya bagus, kainnya dibawa pulang dan ditaruh di dompet.

Gambar yang bawah, wishing yang bisa dibaca jelas. Ada macam2 tulisan di situ. Paling banyak tulisan dalam bahasa Jepang *ya iyalahhh di Jepang hahaha…*, gua cari2 apa ada tulisan dalam bahasa Indonesia, ga ada hahahaha…

Gua asyik baca2in wishing yang di kayu itu satu2. Rata2 minta kesehatan, mapan, ada juga yang minta jodoh, dan tau2 dong……………… ada wish yang mewakili wish’nya mama. Tanggalya juga cuma beda 3 hari dengan tanggal kedatengan kita ke situ.

THE GOODS!

GOOD HEALTH

GOOD TRAVEL

GOOD TIMES AND…

GRAND CHILDREN!

Aminnnnnnnnnnnnnnnnnnn… Semoga wishnya segera terkabul ya…

Langsung dong gua suruh mama foto di situ xixixi…

D3_1

  • NISHIJIN KIMONO SHOW

Tempat peragaan kimono. Dalam bayangan gua kayak pameran kimono gitu😀
Ga taunya itu textille centre & toko souvenir2 / kerajinan2 Jepang. Di tengah2nya ada panggung buat kimono show. Panggungnya mirip2 panggung di mall gitu deh.

Temen2 pada beli boneka Jepang. Gua sih ga… di rumah ada. Papa dulu pernah beli juga waktu ke Jepang. Masih awet sampe sekarang bonekanya.
Harga boneka Jepang dalam rupiah sekitar 300Rb s/d 10Jt. Mahallllllllllllll ya……………….. Boneka Hello Kitty berbaju Jepang juga sekitar 300Rb s/d 900Rb.

Makan siang kita di sini. Menunya Japanese Set Menu. Dan seperti sebelumnya… kantong2 abon, teri-kacang, saos sambal botolan, dan bungkus rendang berseliweran hihihi…

  • KIYOMIZU TEMPLE (temple umat Budha)

Nah… kalo tadi kita udah ke temple umat Shinto, sekarang giliran ke temple umat Budha. Sayangnya…………. pas sampai sana tuh hujan hiks… Jadi foto2nya kurang puas😀 dan sebagai gantinya kita malah asyik menikmati toko2 souvenir di sekitarnya hahaha… *teteupppp…*

Lay out’nya mirip2 Tanah Lot di Bali. Cuma kalo Tanah Lot deket laut, kalo ini gunung x ya… Soalnya jalannya nanjak gitu.

Kalo Shinto Jinggu tadi cenderung sepi dan letaknya di kompleks seihingga ga ada jejeran toko souvenir, Kiyomizu Temple ini rame banget. Banyak anak2 sekolahan juga. Dan toko2 souvenirnya ga ada yang sepi hihihi…
Enaknya di. Jepang… kita ga perlu tawar2an. Harga2 antara 1 toko dengan toko lainnya pun ga beda2 jauh. Paling beda 10Rb aja dalam rupiah.

Puaskan n4fsu belanja Anda di sini! hahahahahahahaha…
Gua sebenernya beli gantungan boneka yang ada krincingannya di sini. Itu tuh… yang suka ada di rumah Shin Chan atau Nobita Doraemon. Apa sih namanya… Lullaby gitu ya?
Gua beli 2… tapi pas pulang sampe Jakarta, kemana larinya tuh gantungan hahahaha… HILANG! Kayaknya ketinggalan di hotel karena setiap hari kita ganti hotel hiks…

KIYOMIZU1_1

Gua mencar sama mama di sini. Mama ikut sama temen tour yang udah oma. Gua sama anaknya asyik masuk dari 1 toko ke toko lainnya. Beberapa temen gua malah ada yang mulai pinjem2an Yen hahaha…

“Jiaaaaaaa baru juga jalan2 hari kedua, kok Yen udah abis nih? Pak… ibunya dibekelinnya kurang nih!” –> ngeledekin temen tour, suami-istri.

Si suami : “Bu… itu yang dibawah resleting koper udah diambil Yen’nya?”

Si istri : “Ga ada Pak… adanya kaos kaki bolong!”

wkwkwkwkwkwkwkwk…

  • TOYOHASHI

Sore hari……………………….. kita menuju Toyohashi untuk makan malam & bermalam. Tapi dongggggggggggggggggggggg… macet di tol menuju Toyohashi hihihi… Akhirnya kita semua turun di stasiun kereta api cepat “Shinkansen” Mikawa Anjo buat naik Shinkansen menuju Toyohashi.

Sementara itu biarkan bis melanjutkan perjuangannya seorang diri menuju Toyohashi hahahahahaha…

Kita cuma punya waktu beberapa menit dari pintu masuk menuju trainnya. Kalo ga, harus tunggu 30 menit lagi. Bayangin dong… 30 orang lebih udah kayak bebek giringan terbirit2 menuju train hahahahahahaha… Mana beberapa orang kebelet pipis lagi. Terbirit2 beberapa orang lari2 ke toilet, terbirit2 pula keluar ngejar train… sampe ada yang lupa resleting celananya belum ditutup hahaha… Cewek pula! Dan yang ngeh lihat cowok pula! hahahahahahaha…

Terburu2 guide kita beli tiket Shinkansen, terburu2 kita masuk ke dalem pula. Mana jalannya jauh lagi😀

Syukur pas sampe di train, si train masih menunggu dengan setia hahaha… Tapi namanya udah terlambat, tempat duduk udah penuh. Ada yang kosong2 tapi ada tas2 orang sebelahnya. Beuhhhhh dan ga ada yang angkat itu tas buat kasih yang lain duduk hahahaha…

Gua dan beberapa temen lain akhirnya dapet duduk di gerbong paling ujung😀

Tour leader udah kasih tau bahwa kita turun di 1 station berikutnya… Toyohashi.

Rasanya naik Shinkansen? Kayaknya biasa aja kayak naik MRT. Padahal cepet banget. Sementara bus harus berjuang ke Toyohashi selama 1,5jam, kita cukuplah naik Shinkansen 15 menit😀

Baru beberapa menit pertama, tau2 dong……………. masuk petugas train. Ini gua takjub loh lihat petugasnya. Udah tinggi, ganteng *fisik banget hihihi*, yang bikin takjub, dia masuk ke gerbong, jalan ke depan gerbong kita, terus tersenyum, angkat topi, menunduk hampir 90 derajat, sambil ngomong bahasa Jepang yang intinya mau periksa tiket.

Setelah itu dia samperin kita satu2. Sopan banget deh…………………………….
Gua & temen2 jelas kaget ya… dari awal tadi kita ga dikasih tuh tiket Shinkansen. Beuhhhhhhhhhhhh jangan sampe kita ditendang keluar gara2 ga bawa tiket hahahahahahahaha…

Tapi untung pas kita ngomong, “Tour Guide… tour Guide… sambil tunjuk2 ke depan *maksudnya ke gerbong sebelah*, si petugas langsung ngomong, “Hai! Tour guide! Arigato Gozaimasu!” –> ga lupa senyum dan nunduknya itu.

Duuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhh sopan banget ya. Bandingin dong sama petugas2 di sini hahahahahahahaha…

Sampe di Toyohashi, rombongan masih ribut dengan foto2 di depan Shinkansen’nya hahahaha… Sampe ada 1 cewek di jendela yang langsung tutup jendelanya karena dia ga mau masuk camera =))

SHINKANSEN1

Foto di atas, jalanan depan stasiun Shinkansen “Mikawa Anjo Station” yang lenggang sekali.
Eh baru gua sadari di Jepang itu ga ada sepeda motor. Ada tapi jaraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget. Padahal motor Jepang di sini banyak banget ya hahahahahaha…

Ahhh kota yang menyenangkan!

Sampailah kita di Toyohashi😀
Langsung dijemput Shuttle Bus dari Hotel. Malam ini kita nginep di Loisir Hotel Toyohashi.

Hotelnya bagus & besar. Udah 2 hotel yang gua datengin di Jepang, dua2nya nyaman banget. Body wash, hair wash + conditioner, facial wash, semua yang disediain di toiletnya juga dari brand lumayan terkenal. SHISEDO! KANEBO! Entah apa lagi…

Semua ditaruh dalam botol2 besar sehingga kecil kemungkinan diembat sama turis hihihi… Kecuali niat banget bawa tabung2 kecil kosmetik terus pindahin ke sana hahaha…

Makan malam kita di hotel ini. Jadi kita dateng, makan malem, abis itu pak sopir bis sampe dan kita ambil bagasi kita, terus check-in deh.
Cuma gabrukin barang doang di kamar karena kita ngejar masih mau ke 1 supermarket besar di samping hotel. Namanya Itoyokado Supermarket.

Gede supermarketnya… ada baju, sepatu, perabotan dapur, dll. Temen gua beli beras bow hahahahaha… Kecil sih… cuma beberapa liter, tapi niat amat gitu sampe beli buat bawa ke Indonesia hahahaha…

Beberapa orang beli termos merk Zojirushi *kata mama, cap gajah!*. Ada juga yang beli rice-cooker. Kata mereka, beda lumayan dengan harga di Jakarta. Cuma gua sih ga terlalu berminat hihihi… Gua lebih berminat melipir ke rak2 makanan buat beli…………………………………………………………..

COKLAT

Wkwkwkwkwk…

Secara spontan gua ngomong, “Ehhh KitKat Green Tea tuh!”

Kekencengan x ya gua ngomongnya hihihi… soalnya mendadak pada nongol tuh temen2 hahahahahahaha…
Diserbu abis! Apalagi istri bos nih… hahahahahahaha… Ambil–ambil–ambil hahahaha…

1 bungkus KitKat harganya Y 298 yang artinya sekitar 30Rb rupiah saja! Murah ya! Coba dong ke R*nch Market… berapa tuh harganya… hihihihi…

Dalam sekejab, KitKat Green Tea’nya abis. Gua masih sempet tanya ke penjaganya apa masih ada stock KitKat Green Tea. Si eneng penjaga sempetin masuk ke dalem buat cek stock terus balik dengan tatapan, “Sorry, out of stock” hihihihi…

Kalo mie instant di atas itu gua beli karena gua ngelihat pak bos lagi ngedeprok santai sambil pilih2 mie. Tergoda dong gua hahaha…

Selesai sudah 1 hari lagi. Good night Kyoto!