Ehemmm… sebenernya gua udah terbiasa bayar segala selalu melalui media e-banking. Bukti transaksinya gede. PUAS bacanya hahaha… ga kayak bukti struk ATM yang kecil sering nyempil berpotensi keselip alhasil raib. Belum lagi kalo kertas struknya pake yang model thermal paper yang bisa hilang tulisannya. Musti buru2 difotokopi hehehe…

Makanya… gua bayar iuran BPJS Kesehatan ini pake e-banking juga. Gua coba pake e-banking BRI. Gua pikir… berhubung sama2 “kerakyatan”, gua pikir lalu-lintas pembayaran lebih lancar nih pake BRI hahahaha…

Betul sih… bulan Juni pertama kali gua bayar… LANCAR.

Bulan Juli kedua kali gua bayar… LANCAR.

Cuma bulan Agustus aja nih… bulan ketiga kali gua bayar… GAGAL dong hahahahahaha…

Gua bayar iuran gua, sukses. Abis bayar iuran gua, gua bayar iuran David, gagal. Terus gua lanjutin bayar iuran emak, eh sukses. Lahhh… 3x transaksi berturut2 tapi yang 1 gagal.

BPJS BRIGagal si gagal bray… tapi kok saldo gua didebet brayyyy…

BRI MR

Gimana nih… mau gua diemin aja asumsi pembayaran gua sukses, apa gua laporin?
Temen gua bilang mending diemin aja dan anggap aja masuk hahahaha… tapi gua takut juga donk. Kalo someday mau claim *amit2 sih kalo bisa ga claim2 alias ga sakit2*, terus tau2 ditolak gara2 ada 1 bulan ga bayar gimana hahahahahaha…

Gua pernah soalnya kasus lain dengan perusahaan telepon. Gua bayar pake e-banking Bank Capek Antri, status gagal, saldo gua terdebet. Terus gua telepon dong ke CS PT. Kring2 itu tanya pembayaran gua masuk ga. Dijawab: masuk! lunas!

Eh tau2 awal bulan depannya telepon di rumah gua diblokir. Pas gua mau telepon, ada suara “Bayar donk… bayar donk…” hahahaha… Gua telepon ke CS Kring2 minta dicek… katanya belum bayar. Nah lohhhhhhhhhhhhhhhh… pan gua udah re-check kemarin itu katanya udah LUNAS ck ck ck…
Mana waktu itu proses minta dibuka blokirnya lama sekaleeeeeeee… Kayaknya ada 2-3 minggu baru dibuka. Itu juga setelah gua bilang kalo di rumah gua ada nenek2 kesepian eh sendirian dan kalo nanti ada keadaan gawat dan si nenek ga bisa telepon gua gara2 keblokir, mbak yang harus bertanggung jawab!

Dari pada kasus berulang, mending gua lapor dahhhh…

Akhirnya teleponlah gua ke CS BRI 14017. Si CS suggest gua hubungin BPJS Kesehatan juga konfirmasi pembayaran sementara laporan gua diproses maksimal 20 hari kerja. Ohh maiii lamanyooo… tapi emang kata temen gua yang PNS, rata2 BUMN proses 20 hari kerja. 20 hari kerja means sampe bulan depan. KALO MASUK TUH PEMBAYARAN. KALO GA MASUK, berarti gua missed bayar 1 bulan dong? Denda punya urusannya kan? Terus gua coba bayar ulang nih pake e-banking BRI, statusnya sih udah lunas. Tapi mana tau nanti berubah.

Yang PT. Kring2 juga begitu kok. Abis gagal, gua coba bayar lagi, bilangnya udah lunas. Mana gua tau awal bulan depannya malah ga jadi lunas😛

Abis telepon sama CS BRI, gua telepon juga ke CS Dateng Aja BPJS. Jawabannya ya gitu deh………………… “Dateng aja!” hahahahahahahahahahahaha… Jadi buat apa elu2 pada jagain telepon kalo semua problem jawabannya cuma “Dateng aja!”

“Ga bisa dicek di sana Mbak apa udah lunas belum?”
“Saat ini belum ada sistemnya Bu!”

“Aduuuhhh Mbak kan tau antriannya tuh gimana!”
“Langsung ke bagian keluhan aja Bu. Jangan ke antrian buat baru!”

Ehhh busyeeeeeeeeeeeeet… Tetep aje yeeeee…

Makasih deh… gua mau usaha dulu sebelum dateng aja itu hahaha… Jadi gua telepon ke kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat lagi seperti sebelumnya. Dan seperti sebelumnya juga… ga ada yang angkat! hahahahaha…

Coba terussss coba terussssssssss… masuk ke auto-attendant, diangkat sama mbak tut tut tut… Matiin telepon, coba lagi ulang, diangkat sama mas tulalit. Pokoknya kalo ga mbak tut tut tut, mas tulalit, capedeeeeeee…

Tapi sekali lagi gua gigih pan hahaha… Jadi gua coba2 terus tuh biarpun sambil buka2 FB hihihi… Dan gotcha! Keangkat akhirnya. Dicek sama si mbak petugas, katanya tagihan bulan Agustus ini udah lunas, dengan ID transaksi xxxxxx —> dibacain mbaknya. Sipppp dah! APA GUA BILANG! Coba dulu donk telepon2. Kalo ga diangkat baru nasib harus dateng. Dasar aja tuh mbak/mas dateng aja kurang komunikatif bin kreatif!

Dengan niat baik, abis dapet ID transaksi, gua telepon lagi dong ke CS BRI minta tolong dikirimin bukti transaksi BERHASILnya… secara yang gua pegang kan bukti transaksi gagalnya. Gua disuruh DATENG AJA ke BRI cabang pembuka… bawa buku tabungan… kartu ATM… bukti transaksi gagal… dan data2 BPJS yang gua bayar itu.

Oalaaaaaaaaaaaaaaaaahhh… kenapa ga bisa dikirim pake email? Billing kartu kredit BRI gua aja dikirim pake email. Koq sekarang dibilang, “Saat ini belum bisa dikirim pake email!” Ohh maiii! Masih saudaraan yeee sama mbak/mas dateng aja hahahahahahahaha…

Tadi pagi gua dateng ke BRI terdekat sekaligus tempat gua buka rekening BRI gua. Tumben tuh bank sepi. Biasanya antrinya sebelas-dua belas sama antrian sembako gratis. Tumben tadi cuma gua hahahaha…

Tapi biarpun sepi… tetep aja!
CSO bilang ga bisa keluarin bukti transaksi sukses biarpun gua udah bawa nomor transaksi yang dari BPJS.
Solusinya, buku tabungan gua diprint aja, terus nanti gua disuruh fotokopi dan disatukan aja dengan bukti gagal itu. Huuuuuuuuuuuuuuuuy kalo ini mah ngapain gua ke banknya! Toh di mutasi rekening yang gua print dari e-banking juga udah ada.

Ya udahlah… begitulah gua akhirnya berkesimpulan… mendingan bayarnya via setor aja daripada pake e-banking! Kalo langsung setor kan, gua bisa berasumsi pembayaran gua sukses karena ada slip setoran bervalidasinya hahahaha…

SEKIAN

Baca part 1 & part 2nya biar ga roaming nasional hihihi…
Tabah ya buat yang mau urus BPJS Kesehatan hahahahahahhahahahahhahaha…