Tahun baru yang ga ke genteng buat ngelihatin kembang api seantero rumah xixixi…
Tahun baru yang juga ga dirayakan dengan makan syabu2 ataupun barbeque😀

Tahun baru ini 1 rumah pada sakit. Kalo gua & emak sih sakit batuk2 doang, papa sakit flu, tapi David yang agak gawat. Sakit GONDONGAN alias parotitis alias mumps.

Dari beberapa hari yang lalu sih dia udah bilang kalo belakang telinga kiri dia agak keras dan kayaknya bengkak, cuma gua belum kelihatan bengkaknya. Terus makan juga ga nyaman. Gua pikir panas dalem doang kayak gua dulu… eh makin lama makin kelihatan bengkaknya. Serem juga…

Pas bengkak2nya itu pas tanggal 31 Desember pula dimana dokter2 ga ada yang buka kecuali ke UGD. Dokter langganan juga tutup. Akhirnya BBM temen papa (dokter juga) terus dikasih resep obat virus dan buat turunin demamnya, minum Panadol aja katanya.

Terus dapet info dari sana-sini disuruh pake blau. Bingung cari blau dimana hahaha… untung ada tetangga bae yang bawain blau. Katanya campur cuka sedikit. Ada juga yang bilang kalo ditulisin “Fu” gitu di bagian yang gondongannya… tapi si papa bilang itu cuma mitos. Pakein blau sih oke karena adem di gondongannya, tapi ga usah di tulis2in kata dia.

Kasihan juga si David jadi ga bisa makan. Kalo mau ngunyah2 sesuatu, pipinya langsung kram kata dia. Dan nyeri banget. Alhasil tahun baru dia cuma makan bubur telor aja xixixi…

Tanggal 2 Januari baru kita semua ke dokter. David, gua, emak, papa, semua periksa. Dokternya sampe ketawa2, “Wahhh… sakit jangan hari libur donk…”

Hahahaha… emangnya kita bisa milih ya… ada2 aja nih dokter.

“Ini sakit anak kecil nih! Ini menular ya! Kamu (dokter bilangin gua), jangan tidur seranjang dulu. Cuci perabotan makan David jangan dicampur!” –> Gawat! Sebelum tau David kena gondongan kan kita masih minum dari gelas yang sama.

“Hah? Sampe begitu Dok? Kayak hepatitis ya?”

“Iya betul! Kan sama2 virus! Ini sakit gondongan jangan main2… kalo didiemin bisa kena pankreas malah bisa sampe ke p3l3r entar ga bisa punya anak!”

“Haaahh? Suntik aja David Dok!”

“Ngapain disuntik… kuno suntik2 mah! Minum aja obat ini paling besok atau lusa juga sembuh. Tapi penularan virus 20 hari! Selama 20 hari tetep ya pisah tidur pisah perabotan makan.”

“Yaaa ga ada ranjang cadangan Dok!”

“Wahhh musti punya dong 1. Ya udah tidur 1 ranjang tapi selang-seling aja… jadi kaki ketemu kepala, kepala ketemu kaki gitu. Awas jangan pada tendang2an…”

“Kasih vitamin juga dong Dok… biar daya tahan tubuh bagus.”

“Ngapain dikasih vitamin? Udah gendut begitu… ga berasa ya?”

wkwkwkwkwkwkwkwk…

Terus David disuruh jangan kerja dulu +- 1 minggu dengan alesan takut nularin temen2nya. Gua juga jadi harap2 cemas nih… secara gua masih minum dari gelas yang sama sebelum tau David kena gondongan kan. Laaahhh seumur2 gua ga pernah tau ada sakit gondongan hihihi…

Tapi David kena virus gondongan ini gua rasa dari gua deh. Jadi emang sekitar 20 hari – 1 bulan yang lalu, gua ngerasain hal yang sama… yaitu ga nyaman di bagian pipi s/d belakang telinga, gatel2 gremet2 di gusi, dan kalo makan susah banget karena kram & nyeri. Tapi gua ga tau itu gondongan… gua kira gua panas dalem aja. Jadi begitu mulai ga nyaman, gua langsung minumin minuman2 penurun panas dalem mulai dari larutan penyengar, banyak2 makan buah, dan gua banyak2 juga pake Hau Fung San di gusi2 gua. Gua kira kan ada sariawan atau apa kan… tapi gua ga tau dimana letak sariawannya, jadi gua pakein Hau Fung San semua gusi gua hahahahahaha…

Puji Tuhan, gondongan gua (kalo emang bener dulu gua kena gondongan juga), ga sampe parah. Ga sampe bengkak kayak David… jadi tanpa minum obat perlahan2 dia kempes sendiri dan sembuh sendiri.

Kalo gua baca2 kan gondongan juga emang bisa sembuh sendiri dilawan sama antibody tubuh😀

Hari ini (5 Januari) sih si David udah mulai mendingan. Dari kemarinnya udah bisa makan nasi biarpun ngunyahnya masih takut2 karena masih ada sisa2 kram pipi. Ehhh pagi ini tau2 emak gua sakit muntah2. Busyeeeeeet… panik 1 rumah kirain ketularan David si emak😦

Semoga sakit2 sisa2 tahun lalu segera berakhir juga ya…

Happy New Year semuaaaaa…