(Hampir) Akhir November kemarin, gua ke Singapore lagi. Kali ini buat kondangan, general check-up emak, dan meeting sama bos Urah SG.
Cuma 2 malem gua di sana. Perjalanan tersingkat selama ini xixixi…

Kita berangkat ber-4 dari Jakarta. Gua, emak, pak Ma, pak Yo. Dua nama terakhir adalah duo-bapak partner bisnis kita. David ga ikut… kerjaan dia lagi banyak, kalopun kerjaannya lagi ga banyak, cuti dia yang udah abis xixixi…
Sabar ya Vid… 😂

PP kita naik Tiger Air. Setelah gua ceki2, untuk keberangkatan kali ini, emang Tiger Air yang paling murah. Supaya ngirit waktu dan tenaga, kali ini gua, emak, papa, nginep di hotel juga. Pak Ma dan Pak Yo kan di hotel… daripada repot saling jemput-menjemput, sekalian lah gua juga beli voucher buat gua ber-3.

Gua beli voucher di http://www.hotels.com
Kalo dari harga sih sama aja kayak website2 lain… cuma gua lagi ngumpulin rewards-nya. Stay 10 nights get free stay 1 night. Dengan perginya gua ke Singapore ini, berarti udah pas 10 nights… dan bener aja gua dapet free 1 night seharga rata2 per-10 nights itu.

Hotelnya Value Hotel Thompson. Tadinya iseng mau nginep di hotel yang sama dengan tempat resepsi. Apa mau sok ngomong… mihil dong hehehe…
Kita semua kan rombongan budget-ers backpackers 😂

Rencananya, istri pak Ma ikut. Tapi H-7 dia cancel karena ada acara keluarga. Ya wes… namanya tiket promo mana bisa di-refund. Hotelnya juga jadi mubazir. Pak Ma dan pak Yo kan best friend udah lama… biasanya kalo pergi sendiri2 tanpa keluarga, mereka share kamar. Ini jadi masing2 1 kamar.
Gpp juga sih… soalnya kamarnya sempit. Share 2 orang kalo bukan keluarga sendiri, menurut gua kurang nyaman. Kamar gua yang buat 3 orang aja sempit.

Untuk review hotelnya… yaaa lumayan lah. Mana bisa sih ngarep muluk2 dengan tarif yang termasuk murah. Yang jelas hotelnya cukup bersih dan cukup flexible. Ada wifi juga. Kamar buat ber-3 ada kulkasnya. Kamar standard pak Ma dan pak Yo ga ada.

Yang agak ga nyaman cuma kamar mandinya kamar mandi basah. Jadi kalo kita mandi, airnya ngalir ke bawah wastafel. Becek jadinya. Apalagi kalo malem2 mau pipis… kan dingin tuh. Mau pake sandal ya ga bisa karena basah lantainya.

Tanggal 22 November 2015, jam 6 pagi, gua dan emak udah nyalon. Ini mah idenya emak… ga kondangan aja dia selalu nyalon dulu kalo mau keluar kota… apalagi kondangan. Si papa bilang ngapain lu nyalon2… orang Singapore kalo kondangan mah begitu2 aja. Mau tamu kek… mau keluarga pengantin kek… santai semua. Tapi bukan emak namanya kalo ga nyalon dulu hahahahaha…
Dia juga ngomporin gua suruh nyalon make-up plus catok curly. “Alaaaaa kan kita kondangannya malem… jadi make-up kita udah ga se-gonjreng pagi. Gpp lah make-up!” xixixi…

Jam 9-an kita jalan dari rumah dianter David. Beberapa saat sebelum sampe di terminal 2, pak Ma telepon kabarin kalo Tiger Air di t3 mustinya. Lahhh… di e-ticket kan t2 tuh. Tapi pak Ma yakin banget deh sama t3-nya… dan duo-bapak itu udah sampe di sana juga.

Emang sih terakhir ke t3 naik Air Asia, gua lihat emang ada counter check-in Tiger Air. Tapi masa iya e-ticket salah…

Lagi mikir2 sambil menuju t3, bunyi lagi HP gua dari pak Yo. Katanya mereka yang salah… harusnya t2 hahahahahahaha… Yaaa tetep akhirnya gua meluncur ke t3 buat jemput mereka. Untung juga mereka telepon gua di saat yang tepat. Coba kalo gua udah terlanjur di-drop David ya… 😂

“Wah dari jam berapa nih pada dandan?” komentar pak Yo hehehe…

Proses check-in cepet… bagasi gua total 33 kg berdua emak. Belum apa2 udah segitu hahahaha… Ini soalnya gua bawa mangga 8 kg buat oleh2 Urah SG. Mangga wangi semerbak hehehe…

Begitu sampe Singapore, kita semua keluar ke imigrasi t1. Hadooh ini gara2 keseringan naik Air Asia ke sini jadi gua udah kebiasaan jalan ke t1. Pantesan kok imigrasinya sepi amat. Kita ber-4 bisa masuk ke line berbeda2 sekaligus tanpa lama antri. Pas gua, bapak petugasnya lihatin gua agak lama. Mungkin beda muka gua sama foto di-passport ya. Foto di-passport gua jelek banget soalnya. Gendut lagi! Kemarin kan dandan komplit pake bulu mata anti badai hahahaha…

“Miss Dessy?”
“Ya…”

“Naik apa tadi?”
Pesawat donk masa bajaj Tiger Air…”

“Ya… Tiger Air t2 ya Miss… ini t1. Miss masuk lagi… naik ke atas naik skytrain.”

Abis si petugas ngomong gitu, gua langsung ngomong setengah teriak ke rombongan, “Eh kita salah nih! Mestinya t2!”

Passsss… pas petugas yang cap passport emak belum nge-cap. Dia baru ngeh juga. Passport pak Yo keburu di-cap tapi pak Yo belum keluar. Jadi emak dan pak Yo disuruh masuk lagi ke dalem. Pak Yo yang terlanjur di-cap sih minta koreksi dulu di counter sebelahnya. Sementara pak Ma udah terlanjur keluar dan ga bisa masuk lagi.
Lohhhh kok pada ga ngeh ya petugas2 itu. Cuma petugas gua doang yang ngeh xixixixi… Kan di kartu embarkasi kita tulis Tiger Air. Boarding pass juga ada kok diselipan passport.
Tapi masih untung. Untunggggg tuh petugas orang Melayu semua jadi ngerti teriakan spontan gua hahahaha…

Sampe di t2, koper2 kita udah diangkatin dari ban dan berdiri pasrah menunggu pemiliknya hahaha… Bener2 tinggal koper kita doang… dan sekeranjang mangga harum semerbak 😁.

Contact2-an sama pak Ma suruh dia ke t2 juga agak ribet deh.

Lunch kita seadanya di cafe depan t2. Mee Siam + Milk Tea + Telor Rebus. Gua ga doyan Milk Tea… Mee Siam juga gua ga doyan. Rasanya kayak makan ketoprak berkuah 😀

Abis lunch, kita di-drop di hotel sama papa. Terus si papa tinggal kita karena ada kerjaan sebentar. Kita ber-4 sambil nunggu waktu kondangan, akhirnya naik taksi ke Bugis Junction. Ga ada tujuan… cuma mau beli Giordano obralan. Kenapa ya rasanya Giordano di Bugis itu sering banget ngobral. Di mall lain di sana ada juga sih obralannya, tapi ga se-hore yang di Bugis.

Jam 1/2 7 kita balik ke hotel, terus jam 1/2 8 capcus ke tempat resepsi di Hotel Holiday Inn Atrium Outram Park. Ketemuan sama papa langsung di sana.

Dateng2 langsung pada heboh foto2 di photobooth sama keluarga. Dan karena kita pake batik, jadi gampang aja dikenalin mereka kalo kita dari Indonesia hahaha…
MC-nya juga jadi ngomong bahasa Indonesia waktu sambutan awal. Dia bilang, “Saya lihat ada rombongan dari Indonesia di sana jadi saya sambut dengan bahasa Indonesia.” yang disambut dengam tepuk tangan dari meja kita hahahahahaha…

Kalo gua lihat dari time table-nya saudara gua ya… alamakkkk ternyata acara mereka lebih riweh dari acara kawinan di sini. Ini dari jam 4 pagi temen2 pengantin udah dateng ke kediaman masing2 pengantin. Ada acara2 kayak makan something lah, gua ga tau apa… kayak onde2. Terus ada acara games, dll. Gua ga terlalu perhatiin. Acaranya sih ditayangin lagi kemarin, tapi gua ga terlalu menyimak karena duduk gua agak kurang strategis😀

Dari masih gelap masing2 pengantin udah ada acara sama temen2nya… sampe udah terang baru acara jemput2an, tea-pai, dll…

Untuk makanannya menurut gua biasa aja. Emak bilang sih ga enak. Menunya vegetarian karena keluarga pengantin wanitanya vegetarian.

Jam 11 malem acara baru bubar… dan kita sampe hotel jam 1/2 12. Busyettt… gua sampe tanya papa, apa kondangan di Singapore rata2 jam segini pulangnya? Iya katanya.

Sampe hotel jam 1/2 12… mau mandi, udah males. Mau ga mandi, ga tega sama badan hahaha… Akhirnya mandi dah midnight2. Tapi ga berani keramas. Besok aja keramasnya.

Tanggal 23 November 2015, pagi2 udah ditelepon pak Yo diajak cari breakfast. Ye… busyet deh. Perasaan yang masuk kemarin aja belum abis diproses 😆

Sarapan di samping hotelnya. Ada kayak kopitiam gitu. Menunya berat2 juga… ada nasi segala.

Gua jadi melanggar aturan diet yang gua buat sendiri… yaitu makan mie 1 minggu 1x maksimal. Lahhhh ini mie lagi mie lagi hahahaha… Mana ga enak lagi nih mie… manis2 gitu.

Hari ini kan hari kerja… jadi si papa ke kantor dulu. Kita ber-4 jalan2 ke Mustafa Center. Gua sih seperti biasa cari Evian Water Spray, Mentholatum Balm, sisanya mah cuci mata aja. Lihat2 bawang Bombai merah juga… siapa tau murah dan bisa bawa pulang. Ternyata masih lebih murah yang terakhir papa beli.

Buat yang belum tau… belakangan ini gua rajin minum air rebusan bawang Bombay merah. Selain ampuh sebagai anti-oksidant, konon juga bantu diet juga. Manjur ga manjur sih berpulang ke masing2 tubuh. Bawang Bombay merah di Jakarta mihil banget… bandingin sama di Singapore. Jadi… ga bosen2 gua nitip ini setiap x papa pulang.

Abis dari Mustafa Center, kita dijemput papa buat lunch Bakuteh. Gua ga tau dimana posisinya. Bukan di tempat biasa soalnya.
Terus ke NUH Hospital tebus obat pak Yo. Pak Yo sebelumnya pernah bypass di sini dan sampe sekarang masih rajin kontrol. Semoga sehat2 terus ya pak Yo.

Selesai dari NUH Hospital baru deh ke kantor Urah SG. Meeting sama profesornya. Sampe dimana progress Urah ID. Kemarin waktu di pesta udah ketemu sama profesornya tapi kan di pesta2 gitu ga enak ngomongin bisnis.

Progress Urah ID sampe sekarang masih urusan BPOM. Orang2 bilang susah urus BPOM. Emang bener sih… kadang2 dokumen yang pernah kita kasih juga diminta lagi. Ribet deh. Tapi urusan duit sih ga ya… karena sekarang apa2 udah dibenahin kan.

Jam 6 meeting selesai… tapi ga sempet sambung dengan sesi foto. Pakprof mau teleconference sama orang Jepang. Si papa sempet kasih buku gua ke pakprof. Lahhh kan dia ga ngerti kaleeee… tapi si papa bilang gpp… buat koleksi aja.
Konon pakprof sangat respect sama blogger2. Dia malah pesen ke gua suruh bikin blog tentang kesehatan khususnya kesehatan tulang dan sendi. Tenang pakprof……… pasti! hehehe…

Oh iya pakprof juga pesen kalo besok dia ke Jakarta, kita harus temenin dia belanja batik xixixixi…

Sebenernya besok kita disuruh dateng lagi sama pakprof. Tapi ga sempet donk…

Dessy mana Dessy? Tukang fotonyaaaaaaaaa hahahahaha…

Selesai urusan Urah, kita diajak papa dong ke Gourmet Paradise Toa Payoh mau makan steamboat yang dulu kita pernah makan juga. Yaelaaaa… kok agendanya banyak makannya hahahaha… Enak sihhhh… apalagi Tom Yam-nya……… yummmmyyyy… tapiiiiiiii…

“Kenyang Pa… ga usah dinner juga gpp!”
“Enak aja… lu kenyang… gua mah mana tahaaaaannnn…”

Ck… ck… ck…

Pulang ke hotel udah jam 8-an… mandi2 terus jam 9-an kita ngumpul di kamar pak Ma buat meeting internal lanjutan. Gua mah udah ga konsen. Kekenyangan dan ngantuk… juga mikirin packing 😆

Tanggal 24 November 2015, niatnya sih pelan2 mandi, keramas, terus leha2 sampe check-out tiba. Emak sama papa mau cek lab di Pathlab dulu. Jadi gua maunya tunggu si hotel aja gitu. Tapi eh tapi pak Yo udah WA aja ngajak jalan sekalian ikut emak papa aja dulu ke lab. Hadooohhh… untung semalem udah packing. Cuma niat keramas aja yang masih gagal hahaha…

Mengenai cek lab, jadi kalo kita sudah member Total Swiss which is MLM yang produknya gua minum dan memuaskan itu, kita kalo sudah member bisa cek lab murah. General check-up cukup bayar S$100.00. Gua udah bandingin di sini… 5jt-an kalo di sini.

Terus kan tiket ke Singapore sama hotelnya kan sama aja jatuh2nya Des?
Ya iyaaaa… tapi jangan bandinginnya begitu donk. Jadi anggap aja kalo ada yang lagi mau jalan2 ke Singapore, boleh tuh sekalian cek lab gitcuuuu…

Sebenernya papa suruh gua periksa juga… tapi gua masih takut hahahahahahahahaha… Emang sifat takut gua ini musti dihilangin deh.
Ya gimana donkkkkk… rasanya gua ga mau tambah beban pikiran gitu. Gua takut aja kalo hasilnya ga memuaskan. Entar gua tambah mabok bukan cuma masalah anak aja tapi juga masalah sakit yang lain2 hahahaha…
Ini testnya sampe ke test kanker segala. Guanya jadi ngeri.

Tapi gua udah bertekad entar bulan Mei sih mau cek sekalian sama David. Gua kan udah minum Total Swiss Fit Solution ya… takut apa coba. Hasilnya pasti oke kok! Harus yakin!

Hasil lab si emak udah keluar keesokannya. Udah di-email ke gua dan hasilnya MEMUASKAN!
Dibandingin sama hasil lab emak tahun lalu sebelum minum Fit Solution. Terus sama hasil bulan Juli kemarin waktu test di Jakarta. Hasilnya sekarang bener2 bikin puas. Kanker / tumor ga ada… tulang baik dan cukup kalsium… kolestrol, asam urat, diabetes, darah, lever, fungsi ginjal, dll semua oke.

“Tuhhhh kannnn… masa lu takut mau cek lab? Kalo kita udah minum Fit Solution pasti oke lah! Lu ga lihat tuh hasil emak lu udah 66 tahun aja masih oke?” kata si papa.

hahahahahahahahahahahahaha… oke okeeee… Mei nanti ya!

Pulang dari Pathlab, kita makan mie udang Singapore dulu. Nahhhh kalo ini, biarpun lagi2 mie… tapi enakkkkkkkkkkkkkk…

MIE UDANG

Makannya di River South (Hoe Nam) Prawn Noodles. Untuk lokasinya dimana… gua ga tau 😆 Coba Google aja ya…

Abis makan, balik hotel buat jemput pak Ma yang tadi ga ikut karena kesiangan bangun xixixi… terus jalan ke………………………….. BUGIS MARKET hahahaha… Bugis lagiiii Bugis lagi…

Di-drop papa di Bugis, terus si papa pulang sebentar ke apartment. Sayangnya malah pas hujan deras… jadi kita ga bisa puas menjelajah.
Untung masih kebagian juga ke toko yang jual gelang2 giok dan patung Budha… Pak Ma mau beli something *gua lupa* buat ditaruh di altar sembahyang di rumah dia.

Ditunggu2 hujan tak kunjung berhenti… cuma mengecil aja. Akhirnya jalan di pinggir2 mau cegat taksi dan balik hotel. Tapi sebelum pulang malah ketemu BALENO yang lagi discount hahahaha… Celana cowok dijual S$10.00 doang. Pada borong dah duo bapak itu. Pak Yo suruh gua beli juga buat David… gua ogah. Susah2 gampang beliin David baju/celana 😆

Naik taksi balik ke hotel, dapet driver yang lucu. Pas baru naik kan pak Yo bilang, “Value Hotel Thompson ya…”

“Ah? What Hotel?”

“VALUE”

“Aiyaaa Value ah? You said BALUE BALUE AH… You from Indonesia meh?”

Hihihihi… terus sambil jalan sambil ngobrol dalam bahasa Mandarin sama pak Yo.
Dia cerita kalo taksi di Singapore murah tarifnya. Pak Yo ga mau kalah cerita juga…

“Ah mana bisa lu saingan sama taksi Indonesia?”

“Di Indonesia ada Ube’ taksi ga?”
“UBER ada… tapi ada yang lebih hebat. Gojek! Ojek online!”

“Apa tuh ojek?”
“Motorpit taxi… murah! One dollar 25 km!”

“Aiyaaaa? 25 km one dollar? Dari airport ke ujung dibayar one dollar ya? Really? HAHAHAHAHAHAHAHA… =-)) L.o.l HAHAHAHAHA WKWKWKWKWKWK…” —> ini bener2 ngakak banget driver-nya. Terpingkal2 dia sampe gua takut salah belokan hahahaha… Pake bilang gua ga kebayang dibayar cuma 1 dollar nganter dari ujung ke ujung.

Hahahahahahahaha…

Sampe hotel udah 1/2 2. Roomnya udah di-lock karena toleransi check-out cuma sampe jam 1. Tapi mereka flexible juga… kita ga di-charge lagi. Kita bilang karena hujan jadi ga dapet taksi. Sementara si papa dari apartment langsung ketemuan di hotel lagi.

Abis check-out, sebelum berangkat ke airport, kita mampir lunch dulu. Astagaaaaa… makan lagiii? Kali ini kayak di Hawker Center gitu deh… gua lupa dimana. Gua ga makan juga karena udah full berat. Gua cuma beli es tebu aja.

Dalam perjalanan ke airport, kita mampir juga ke Breadtalk mau beli Fire Floss-nya.

Lihatlah betapa gondrongnya dan montoknya itu roti hahahahahahahaha… Harganya S$1.90 kalo ga salah. Floss-nya dari pork yak… jadi totally non hallal.

Kasirnya orang Melayu… ngelihat gua borong 2 kardus Fire Floss, dia langsung tanya, “Ibu mau bawa pulang ke Indonesia ya?”

“Iya…”

“Macam tak ada Breadtalk di sana ke?…”

“Ada. Tapi di sini kan pork!”

“Oh iya. Ramai orang dari Indonesia beli roti ini. Mereka cakap di sana tak ade mengandung babi.”

“Iyesss…”

Xixixixixi… sayang juga gua cuma beli 2 box ya. David aja bisa ngabisin 1 box sendiri 😆

Di airport sih kita sampenya kepagian. Pesawatnya malem tapi masih 4 jam lagi kita udah sampe hahaha… Si papa soalnya mau ke kantor dan juga karena hujan terus jadi kita ga bisa kemana2 juga. Masih banyak waktu banget di airport sampe2 gate-nya dimana aja belum ketahuan waktu check-in. Bener2 early check-in.

Gua claim GST Refund hasil oprekan di Mustafa Center, terus sisa waktu jalan2 aja di dalem. Gua masuk ke toko Longchamp dan lihat2 tas di sana. Gua demen yang kayak begini…

Pas gua lagi lihat2, pegawainya yang ngondek samperin gua terus promosiin. Dia bilang dia juga punya tas yang ini. Kalo dia ke Malaysia, Thailand, atau ke Jakarta pasti dia bawa. Gua langsung tanya emang lu sering ke Jakarta?

Dia langsung jawab… “Sering. Saya sering ke Mangga Dua beli perlengkapan pengantin. Saya ini make-up artist.”

“Ohhh…. iya iya… kelihatan… hehehe…”, maksud gua kelihatan ngondeknya, “Eh tapi di Mangga Dua juga ada Longchamp. S$15.00”

“Hahahaha iya… saya juga lihat banyak macem. Tapi kualitas beda lah…”

Hahahahahahahaha… padahal in the meawhile gua juga lagi bawa Longchamp travel KW. Gua bawa dari Jakarta buat bawa baju pesta gua. Abis kalo ketekuk2 di koper takut rusak. Tapi pas gua masuk ke shop ini, gua titip ke pak Yo di depan hahaha… “Pak Yo ga usah masuk ke dalem toko Longchamp ya Pak… entar digunting2 nih tas saya!”

“Lahhh ini KW ya?”

“Lahhhh enak aja. ASLI PAK!”

“Kok takut bawa masuk? ASPAL ya?”

“ASLI Pak… tapi ASLI MANA dulu… ini ASLI TANAH ABANG PAK!”

Hahahahaha…

Eh iya gua juga masuk ke Giordano beli celana pendek dan kaos edisi 75th Bruce Lee Forever Hero. Tadinya gua mau beli di Bugis tapi karena harganya ga promo. Gua pikir entar aja kalo ketemu Giordano yang lain. Ehhhhh ga ketemu2 lagi xixixixi…
Ketemu2 lagi ya di airport.
Daripada nyesel keburu pulang… udahlah langsung gua beli.

Pake member Giordano disc. 10%… plus karena pake passport dan boarding pass, dipotong lagi GST. Awwww jadi lebih murah. Catettt kalo mau beli Giordano tapi yang produk harga normal, beli di airport aja. Lebih murahhhhhhh.

Ga kerasa emang kalo yang namanya shopping ataupun window shopping. Tau2 udah saatnya masuk ruang tunggu dan boarding. Di perjalanan pulang, gua kenalan sama sebelah gua. Orang Singapore… dia bisnis percetakan dan kemarin ke Jakarta mau cari2 barang. Sempet tukeran kartu nama juga sama gua dan udah WA2’an juga kemarin xixixixi… dapet temen baru. Dipikir2 sifat gua yang gampang akrab begini… cocoknya gua jadi marketing ya hahahaha…

Sekian kisah edisi perjalanan singkat gua 😆
Bulan Desember gantian si papa yang pulang dan denger2 upline Total Swiss-nya juga mau dateng.
BTW buat yang mau coba Total Swiss tapi ga mau member *member bayar 300rb* boleh aja hubungi gua. Kadang2 gua upsss… upline Singapore gua bagi2 member gratis lohhh…

BTW… masih ada slot buat yang mau pesan puding buat Natal dan Tahun Baru 😊
Harga sama biarpun akhir tahun.